Home Daerah Pendidikan Kesetaraan Membantu Masyarakat Yang Putus Sekolah
Daerah - 1 minggu ago

Pendidikan Kesetaraan Membantu Masyarakat Yang Putus Sekolah

Print

Kuningan-Jabar | mapikornews.com
Pendidikan merupakan hal yang sangat dominan bagi anak-anak Bangsa.Negara akan maju tidak lepas dari dunia pendidikan yang maju pula,baik pendidikan formal maupun nonformal.

Kabid Pemb.PAUD dan DIKMAS Dr.Carlan,S.Pd., M.MPd melalui kasie DIKMAS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Kuningan,Wawan Kurniawan,S.IP.,M.Si menyampaikan pendidikan kesetaraan di kabupaten Kuningan cukup banyak hampir di setiap Kecamatan di Kabupaten ada PKBM tujuannya guna menampung anak-anak yang putus sekolah atau DO,dengan alasan hampir rata-rata terkendala dengan biaya.

Wawan mengatakan pendidikan kesetaraan di kabupaten Kuningan cukup banyak mencapai 83 PKBM dan 1 SKB yang berada di Sukamulya Kuningan.

Wawan sangat mengapresiasi PKBM -PKBM yang sudah ada karena dengan tersedianya paket kesetaraan anak mudah untuk mengikutinya karena jadwal pembelajaran tidak sepadat di pendidikan formal,namun pendidikan kesetaraanpun dapat menyesuaikan dan diperhitungkan dengan banyaknya jebolan paket kesetaraan dapat bekerja disemua bidang sesuai ilmu yang dimilikinya.

Wawan menambahkan yang mengikuti pendidikan kesetaraan sampai saat ini bekisar 6.015 murid yang tersebar di PKBM dan SKB di kabupaten Kuningan dengan usia variatif dan jenjang pendidikan ada paket A,paket B dan adapula yang mengikuti paket C.

Wawan mengatakan pendidikan kesetaraan GRATIS tidak dipungut biaya adapun yang usia diatas 21 tahun ada ketentuan namun tidak memberatkan pada peserta didik.Pendidikan kesetaraan di kabupaten Kuningan baru mencapai angka 30 persenan sehingga peran semua elemen masyarakat dapat membatu seperti para kepala desa yang banyak menganjurkan mengikuti pendidikan karena dengan ilmu yang dimilikinya dapat menyesuaikan dengan perkembangan saat ini seiring dengan perkembangan zaman yang kian maju.

Dedi salah satu pengelola PKBM di desa Lebakwangi sangat gigih membantu masyarakat yang ingin mengikuti pendidikan kesetaraan, dengan telah banyak membuahkan hasil setelah mengikuti pendidikan Kesetaraan dapat bekerja di perusahaan-perusahan dan banyak yang menjadi perangkat Desa terutama di wilayah kecamatan Lebakwangi kabupaten Kuningan.(Nana Kumis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Sekjen LPSK Dan Sekda Pemprov Babel Tandatangani Perjanjian Pinjam Pakai Kantor Penghubung LPSK Perwakilan Babel

Pangkal Pinang-Babel | mapikor-news.com – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPS…