Home Daerah Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah Membuka Empat Formasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka
Daerah - 3 Juli 2021

Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah Membuka Empat Formasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Secara Terbuka

Print

Masohi-Malteng | mapikor-news.com — Pembangunan bidang aparatur negara memiliki peran strategis untuk mendukung terwujudnya pemerintahan yang amanah dan efektif, serta keberhasilan pembangunan nasional di berbagai bidang.

Melalui pembangunan bidang aparatur negara, diharapkan dapat mewujudkan birokrasi pemerintah yang lebih profesional, berintegritas tinggi, dan mampu menjadi pelayan bagi masyarakat. Pembangunan aparatur negara dilakukan melalui reformasi birokrasi untuk meningkatkan profesionalisme aparatur negara dan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik di pusat maupun di daerah.

Kegiatan yang berlangsung di lantai III kantor Buapti ini dan Turut Hadir, Tuasikal Abua,SH (Bupati Maluku Tengah) Marlatu L Leleury (Wakil Bupati Maluku Tengah), Rakib Sahubawa (Sekretaris Daerah Kab. Maluku Tengah), para Pimpinan OPD Lingkup Pemda Kabupaten Maluku Tengah, Tim Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, para Asisten dan Staf Ahli, para, peserta seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama.sabtu,03/07/2021.

Bupati Maluku Tengah dalam sambutannya bahwa untuk melaksanakan kegiatan Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemerintah kabupaten Maluku Tengah Tahun 2021, tentunya mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam rangka penyelenggaraan reformasi birokrasi, khususnya untuk Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sesuai lowongan formasi secara selektif dan terbuka berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas aparatur, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien melalui pengembangan SDM aparatur sipil negara yang memiliki integritas dan kompetensi yang tinggi. Aparatur yang saya maksudkan tersebut dapat berfungsi sebagai pendorong dan penggerak reformasi birokrasi dan pembangunan, serta perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sejalan dengan hal tersebut, lahirnya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara telah menekankan agar implementasi manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) berbasis pada sistem merit.
Salah satu ide progresif dalam UU ini adalah mengatur pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan melalui seleksi sebagaimana diataur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Seleksi tersebut bertujuan untuk pelaksanaan pengembangan karier, pengembangan kompetensi serta promosi Pegawai Negeri Sipil secara kompetitif dan terbuka bagi calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilakukan transparan, objektif dan akuntabel”, tuturnya.

Pada tahun 2021 ini, Pemerintah kabupaten Maluku Tengah membuka formasi jabatan pimpinan tinggi pratama secara terbuka untuk beberapa jabatan antara lain; Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan PTSP serta Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Tuasikal berharap, melalui seleksi ini dapat terpilih calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang kompeten, berdedikasi dan memiliki loyalitas yang tinggi kepada Negara, Pemerintah kabupaten Maluku Tengah serta memiliki keberpihakan pada kepentingan masyarakat.

“semua peserta harus memiliki integritas dan profesionalitas yang tinggi sebagai bagian integral dari komitmen reformasi birokrasi serta menjawab tuntutan masyarakat tentang profesionalisme ASN”harap bupati.

Beliau juga mengatakan, semua pejabat pimpinan tinggi pratama harus mempunyai komitmen reformasi birokrasi tersebut, serta memiliki kompetensi, baik manajerial, teknis maupun sosio cultural sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Hal ini penting saya sampaikan, karena dengan loyalitas, dinamika birokrasi akan berjalan dan terlaksana dengan baik demi menciptakan kualitas tata kelola pemerintahan yang lebih bermartabat.

“Mudah-mudahan melalui uji seleksi ini, akan melahirkan jabatan pimpinan tinggi pratama di kabupaten Maluku Tengah yang benar-benar qualifaid sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku”.tutupnya
(MP-T)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Sekjen LPSK Dan Sekda Pemprov Babel Tandatangani Perjanjian Pinjam Pakai Kantor Penghubung LPSK Perwakilan Babel

Pangkal Pinang-Babel | mapikor-news.com – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPS…