Home Daerah Polres Boltim Gelar Rakor Lintas Sektoral, Guna Persiapan Pengamanan Idul Fitri
Daerah - 29 April 2021

Polres Boltim Gelar Rakor Lintas Sektoral, Guna Persiapan Pengamanan Idul Fitri

Print

BOLTIM – SULUT | www.mapikor-news.com — Kepolisian Resort Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara telah melaksanakan kegiatan Rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1440 H tahun 2021, Dimasa pandemi covid 19 (27/04/2021) Bertempat Mapolres Boltim.


Kapolres Boltim, AKBP Irham Halid SIK menjelaskan, adapun tujuan dan maksud pelaksanaan kegiatan rakor ini untuk menyamakan persepsi, pandangan, dan tindakan yang akan kita ambil dalam pelaksanaan pengamanan rangkaian hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Kabupaten Boltim.


Kita mempersiapkan personil, sarana prasarana kemudian pendukung-pendukung yang lain. Sehingga, prosesnya ini bisa berjalan dengan lancar. Tujuannya atau pun, target yang akan kita capai dari pelaksanaan operasi kepolisian yang nanti akan kita laksanakan penggelaran dari H-7 sampai H+7 Idul Fitri 1440 Hijriah ini dilakukan dengan tujuan, yang pertama terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif, aman bagi warga masyarakat Kabupaten Boltim. Terutama, umat muslim yang merayakan Idul Fitri Jelas, Kapolres.
Kemudian, kata Kapolres, Saya menghimbau serta mensosialisasikan kepada warga masyarakat Kabupaten Boltim terkait dengan instruksi pemerintah pusat melalui surat edaran yang telah disampaikan baik dari Satgas penanganan covid 19 kemudian, surat edaran dari Menteri PAN-RB terkait dengan peniadaan ataupun larangan mudik di tahun 2021 ini dipatuhi.


Selain itu, yang berikutnya bagaimana kita memetakan potensi-potensi kerawanan yang akan muncul dalam penggelaran kegiatan atau operasi ini. Sehingga, kita bisa mempersiapkannya untuk mengantisipasi kerawanan tersebut. Untuk pembentukan pos-pos pengamanan dari Polres Boltim, itu akan dibangun 1 pos terpadu serta sejumlah pos pengamanan, dibeberapa titik perbatasan antara kabupaten dan kota. Ini kita fungsikan juga sebagai penyekatan ujar, Kapolres.


Nantinya, lanjut Kapolres katakan, kesiapan untuk menyambut hari raya Idul Fitri tentunya, hingga kepada soal kelangkaan sembako dengan melonjak atau naiknya harga-harga sembako dipasar. Nah, kita merencanakan untuk melakukan kegiatan operasi pasar bersama instansi terkait.

Tak hanya itu, hingga persiapan tenaga tanggap bencana Kabupaten Boltim termasuk juga dengan peralatan perlengkapannya disiapkan Hal itu, dikatakan kepala BPBD saat menghadiri Rakor lintas sektoral bahwa, akan memberikan bantuan 5000 masker yang akan kita bagikan pada saat melakukan kegiatan operasi yustisi.


Kemudian, untuk pencegahan covid dari pemerintah untuk perorangan atau peniadaan mudik itu juga akan kita laksanakan. Untuk masa berlakunya operasi yakni pads H-7 diperkirakan waktunya mulai dari tanggal 6 Mei sampai dengan tanggal 17 Mei 14 hari.
Jadi, H-7 kita lakukan operasi sampai H+ 7. Kita minta kepada semua pihak dan seluruh warga masyarakat mari kita patuhi bersama protokol kesehatan. Hal ini, tidak bisa dikerjakan sendiri oleh pihak Polres Boltim, ataupun Pemerintah daerah olehnya, dibutuhkan kolaborasi, sinergitas antara masing-masing instansi terkait kata, Kapolres.


Kapolres menambahkan, mengenai tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri itu akan diputuskan oleh Pemerintah daerah (Pemda) Boltim, apakah di masjid-masjid dengan ketersediaan lapangan atau halamannya, ataukah di lapangan terbuka. Intinya tetap mematuhi protokol kesehatan. ibadah tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, jaga jarak hindari kerumunan. Harapannya melalui kegiatan-kegiatan yang akan kita laksanakan kedepan, semuanya bisa berjalan dengan lancar dan aman sahut Kapolres.


Hadir dalam Rakor lintas sektoral tersebut, Asisten 1 dan II Pemda Boltim, Kodim 1303 Bolmong/Pabung Boltim, Wakil Ketua DPRD Boltim, Kepala Kemenag Boltim, Kepala Disperindagkop UKM, Kepala Dinkes Boltim, Kepala Dishub, Kepala BPBD, Ketua MUI Boltim, Ketua Muhammadiyah Boltim, Ketua NU Boltim, Ketua Sinode Boltim, pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Camat Se-Boltim, dan tokoh agama baik dari muslim dan nasrani.
(Th/Rmy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Sekjen LPSK Dan Sekda Pemprov Babel Tandatangani Perjanjian Pinjam Pakai Kantor Penghubung LPSK Perwakilan Babel

Pangkal Pinang-Babel | mapikor-news.com – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPS…