Home / Daerah / Bupati H. Tuasikal Abua, SH Menghadiri Acara Pengukuhan Raja Makariki Sebagai Upu Latu Siwalette Maatita

Bupati H. Tuasikal Abua, SH Menghadiri Acara Pengukuhan Raja Makariki Sebagai Upu Latu Siwalette Maatita

Bupati H. Tuasikal Abua, SH Menghadiri Acara Pengukuhan Raja Makariki Sebagai Upu Latu Siwalette Maatita

Malteng | www.mapikor-new.com.

Bupati Maluku Tengah H. Tuasikal Abua, Sh, menghadiri acara Pengukuhan Kepala Pemerintahan Negeri atau Raja Makariki Weynbert Wattimena,sebagai Upulatu Inta Siwalette Maatita,di Baileo Makariki, Selasa,(30/3/21).

Acara pengukuhan itu di hadiri Ketua TP- PKK Maluku Tengah Ibu Hj. Amien Ru’ati Tuasikal, mendampingi Bupati, Forum koordinasi Pimpinan Daerah Maluku Tengah, Unsur TNI/Polri, Pimpinan dan Anggota DPRD Maluku tengah, Pimpinan OPD lingkup Pemkab Maluku Tengah, Kepala Kecamatan beserta Forum koordinasi Pimpinan Kecamatan Amahai, Para Kepala Pemerintah dan Saniri Negeri, Tokoh agama, tokoh adat, tokoh Masyarakat, dan Masyarakat Negeri Makariki.
Tuasikal menyambut baik serta mengapresiasi acara pengukuhan itu sebagai suatu penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Negeri Makariki, karena kecintaan dan Kepedulian Masyarakat yang di lakukan melalui tradisi pengukuhan adat raja saat ini.

Bupati dalam sambutannya,menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap Pemerintah Negeri dan seluruh masyarakat Negeri Makariki, karena kecintaan dan Kepedulian masyarakat yang di lakukan melalui tradisi pengukuhan adat Raja di saat ini sebagai suatu prosesi identitas tradisional dalam upaya untuk melestarikan tradisi adat dan hukum adat yang berlaku di Negeri ini.

Dikatakan, dengan kesadaran dan Pemahaman Masyarakat terhadap pengukuhan Raja secara adat ini, di harapkan warisan adat dalam pemerintahan lokal yang di pelihara secara turun temurun, nantinya dapat berfungsi merawat identitas adat dan sosial budaya di Negeri serta melahirkan anak-anak negeri yang memahami Sejarah asal usul, dan adat istiadat yang masih hidup dan di akui oleh Negara dalam berbagai aturan Hukum yang mengakomodir dan melegalkan hukum adat dalam penyelenggaraan Pemerintahan Negeri.

Tuasikal berharap, Masyarakat Adat Negeri Makariki terus menjaga dan melestarikan warisan Leluhur dan tradisi adat yang ada di Negeri demi mencapai keharmonisan, kearifan lokal, kedamaian dan kesejahteraan sosial.

“Selaku penanggung jawab penyelenggaraan Pemerintahan di Negeri, Saya berharap kepada Saudara Pemerintah Negeri agar selalu mengutamakan kepentingan Masyarakat yang benar benar di lakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan negeri ini, dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang undangan yang berlaku,” Kata Tuasikal. (MP-Tim)

About zidh07

Check Also

Prajurit Korem 045/Gaya Bagi Takjil dan Pantau Prokes Warga.

Prajurit Korem 045/Gaya Bagi Takjil dan Pantau Prokes Warga. Pangkalpinang | www.mapikor-news.com Penrem 045/Garuda Jaya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *