Home / Daerah / Tidak Akurat Dan Akuntabel Diragukan Profesionalisme Serta Independensinya

Tidak Akurat Dan Akuntabel Diragukan Profesionalisme Serta Independensinya

Tidak Akurat Dan Akuntabel Diragukan Profesionalisme Serta Independensinya

Jakarta | www.mapikor-news.com

“Permohonan Uji Materi LHP Laporan Keuangan Kabupaten Maluku Tengah Tahun Anggaran 2019 Diabaikan BPK RI”

Permintaan Uji Materi laporan hasil pemeriksaan (LHP) Kabupaten Maluku Tengah oleh Tim Ahli Pemantau Laporan Keuangan LSM Indonesia Investigasi Korupsi melalui  Surat dari media Mapikor Nomor: 008/PU-PR/THLK/I/2021, tertanggal 18 Februari 2021, perihal temuan Dugaan Selisih Penyimpangan laporan hasil pemeriksaan oleh BPK RI Perwakilan Maluku yang ditujukan kepada Prof. Harry Azhar Azis, MA. Ph.D. CSFA. CFrA. Anggota VI BPK RI, yang membawahi wilayah Indonesia Bagian Timur seolah diabaikan.

Hasil Telaah Laporan Keuangan Kabupaten Maluku Tengah oleh tim Ahli Pemantau Laporan Keuangan LSM IIK Tahun 2019, Diduga adanya Selisih Penyimpangan dari laporan tersebut sebesar  Rp.267,070.553.774.02.- (Dua Ratus Enam Puluh Tujuh Miliar Tujuh Puluh Juta Lima Ratus Lima Puluh Tiga Ribu Tujuh Ratus Tujuh Puluh Empat Rupiah Dua Sen) oleh sebab itu, agar publikasi yang disajikan kepada masyarakat Akurat sesuai Fakta, media Mapikor telah melakukan Konfirmasi untuk meminta Klarifikasi BPK Perwakilan Provinsi Maluku jawaban yang kami terima menurut keterangan Tim Pemantau Laporan Keuangan LSM Indonesia Investigasi Korupsi, bahwa jawaban tersebut tidak mencerminkan Kwalitas Pemeriksaan Keuangan yang Akurat dan Akuntabel, sehingga diragukan Profesionalisme dan Independensinya.

Oleh sebab hal tersebut Tim Pemantau Laporan Keuangan LSM IIK melalui media Mapikor memohon kepada Prof. Harry Azhar Azis, MA. Ph.D. CSFA. CFrA. Anggota VI BPK RI, yang mewakili wilayah Indonesia bagian timur agar dilakukan uji materi terkait kebenaran temuan hasil telaah tim, terhadap LHP Kabupaten Maluku Tengah tahun 2019, yang dilaksanakan BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku, sekaligus keinginan tim untuk  mempresentasikan dihadapan  Prof. Harry Azhar Azis, MA. Ph.D. CSFA. CFrA. Anggota VI BPK RI, dan siap bertanggungjawab atas temuan tersebut.

Dengan diabaikan permohonan untuk mempresentasikan temuan LHP tersebut, maka hasil pemeriksaan keuangan oleh BPK RI Perwakilan di berbagai Provinsi terkesan tidak mencerminkan kwalitas pemeriksaan keuangan yang Akurat dan Akuntabel, sehingga diragukan Profesionalisme dan Independensinya, sehingga Keraguan yang pernah dilontarkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani terhadap jumlah daerah penerima Penghargaan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diduga benarnya adanya, seperti temuan Tim Pemantau Laporan Keuangan LSM IIK pada LHP Kabupaten Maluku Tengah yang telah direkayasa agar Neraca pada LHP tersebut mmenjadi Balance. (redaksi)

About zidh07

Check Also

Prajurit Korem 045/Gaya Bagi Takjil dan Pantau Prokes Warga.

Prajurit Korem 045/Gaya Bagi Takjil dan Pantau Prokes Warga. Pangkalpinang | www.mapikor-news.com Penrem 045/Garuda Jaya. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *