Home » Daerah » Polres Seram Bagian Barat Melangsungkan Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 Oleh Dinas Kesehatan

Polres Seram Bagian Barat Melangsungkan Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 Oleh Dinas Kesehatan

80 views

Polres Seram Bagian Barat Melangsungkan Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 Oleh Dinas Kesehatan

SBB | www.mapikor-news.com

Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat melakukan kegiatan sosialisasi pelaksanaan Vaksinasi guna untuk meyakinkan masyarakat tentang pentingnya vaksin Sinovac Covid-19 bagi kesehatan masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Sula Bhayangkara Polres Seram Bagian Barat, pada hari Rabu 03/02/2021,pukul 11.45 wit.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi Sosialisasi dengan Narasumber ULFA THAMRIN, SKM,M.Kes (Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan , promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Dinas Kesehatan Kab. SBB).

Lewat materi yang di bawakan oleh Thamrin, ia mengatakan bahwa pengertian imunisasi adalah proses untuk membuat seseorang imun atau kebal terhadap suatu penyakit.

Ia juga berkata bahwa pentingnya imunisasi proteksi spesifik individu yang diimunisasi,membentuk kekebalan tubuh dan proteksi lintas kelompok.

Tujuan melakukan imunisasi adalah untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. Agar antibodi tersebut terbentuk, seseorang harus diberikan vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan, pungkasnya.

Selain Dari pada itu, Thamrin juga menjelaskan bahwa Penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi.

Thamrin juga menjelaskan tentang vaksin sehingga masyarakat lebih memahami tentang vaksin tersebut. Karena penyakit dapat dicegah dengan Imunisasi.

Menurutnya Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang yang diolah sedemikian rupa sehingga aman yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan secara spesifik serta aktif terhadap penyakit tertentu.

Selain itu, tujuan Vaksin adalah untuk membentuk kekebalan kelompok,menurunkan kesakitan dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh,melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, dan juga menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi, ujar Thamrin.

Ia juga berkata Vaksin Sinovac telah mendapatkan ijin penggunaan darurat dari BPOM RI, efikasi uji mencapai 65,3 %.

Dan yang berhak mendapatkan Vaksin pertama kali adalah tenaga Kesehatan, anggota TNI/Polri, Sat Pol-PP,
petugas stasiun kereta api, pelabuhan, pemadam kebakaran, PLN, dan PAM yang bertugas di lapangan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa yang tidak dapat dilakukan vaksinasi adalah orang yang sedang sakit, memiliki penyakit bawaan,tidak sesuai usia, memiliki riwayat Autoimun, penyintas Covid 19 ,dan wanita hamil dan menyusui.

Bukan hanya itu, tetapi Vaksin Sinovac memiliki efikasi 65,3 % dan telah mendapat Ijin Penggunaan Darurat dari BPOM, juga Vaksin Sinovac telah terbukti efektif, aman, mampu membentuk antibodi dan halal untuk digunakan, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakapolres Seram Bagian Barat Kompol Akmil Djapa, S.Ag , Paur Dokkes Polres SBB V. Noya, Staf Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan SBB Vivin Hematang, SKM, Personil Polres SBB dan mahasiswa magang Stikes Bhakti Husada.

Ge. Kakisina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *