Home » Daerah » Longsor di Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Lumpuh 22 KM

Longsor di Sibolangit, Jalur Medan-Berastagi Lumpuh 22 KM

205 views

Medan | www.mapikor-news.com
Bencana tanah longsor kembali menerjang kawasan Sembahe, Deliserdang, Sumatera Utara, Jumat 4 Desember 2020.

Akibatnya, jalan Jamin Ginting lintas Medan-Berastagi lumpuh di perkirakan sepanjang 22 kilo meter.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan, bahwasanya longsor yang menutupi jalan itu terjadi di Jalan Jamin Ginting Km 36-37 Sibolangit tepat di daerah tikungan dekat PDAM Tirtanadi di mata air Lau Kaban .

Kepala Desa Sibolangit Salomo Sembiring Pelawi  yang langsung turun ke lokasi saat di dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut. “Betul telah terjadi longsor, sebelum Tirtanadi pas di belakang Cindelaras,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya dibantu TNI/Polri, BPBD Deliserdang langsung melakukan pembersihan material longsor, karena menutupi ruas jalan Medan-Berastagi.

Sedangkan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi sejak pukul 21 WIB, personel Lantas Polrestabes Medan langsung diturunkan ke lokasi.

“Emang tidak semua badan jalan tertutup material reruntuhan tanah longsor, dan walaupun begitu sangat berpengaruh bagi kelancaran arus lalulintas. Dan bahkan di lokasi Tirtanadi terlihat satu uni mobil membawa bawang merah BK 9713 EO yang datangnya dari Berastagi terbalik diterjang tanah”  katanya.

Menurutnya, di sepanjang jalan jamin Ginting sampai Sembahe ada delapan titik longsor dan ribuan unit mobil truk maupun pribadi ikut terkendala keberangkatannya, dan atas peristiwa itu atas nama pemerintah desa Sibolangit  berharap kepada dinas terkait agar menurunkan alat berat guna mengangkut material longsor berupa pohon kayu dan batu yang ada di tebing di pinggir jalan bersamaan tanah,” ungkapnya.

Sementara , Simarmata pengemudi mobil BK 9713 EO membawa bawang merah mengatakan saat dirinya berserta istrinya melintas dari tikungan Tirtanadi, Tanpa diketahuinya longsor tanah datangnya dari tebing berjatuhan mengakibatkan mobil yang disetirnya terbalik diterjang tanah.(Edi/jassa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *