20 April 2020 | Dilihat: 217 Kali
Gubernur Bangka Belitung Bersama Forkompinda Tinjau Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok
noeh21

Gubernur Bangka Belitung Bersama Forkompinda Tinjau Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok


Bangkabarat-Muntok || www.mapikor-news.com — Padatnya keluar masuk arus penumpang dari Sumatera (Palembang) yang memasuki Bangka Belitung melalui jalur laut yang dilansir  oleh sejumlah media online, akhirnya membuat Erzaldi Rosman Djohan Gubernur Kepulauan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Forkompinda melakukan peninajauan secara langsung  ke  pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Minggu (19/04/2020).

Peninjauan tersebut terkait dari upaya Pemerintah Bangka Belitung untuk melakukan pengontrolan kesehatan agar penggunaan rapit test, masker dan  jaga jarak dapat terlaksana lebih baik agar pemutusan mata rantai dampak dari pandemi virus corona covid-19 dapat diatasi.

Tampak saat itu selain Gubernur Kep Babel Erzaldi Rosman, didampingi oleh Kapolda Babel  Brigjend Pol Anang Syarif Hidayat, Kadishub Prov. Kep. Babel Tadjuddin, Bupati Bangka Barat Markus, SH, Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan, Dandim 0431 Bangka Barat  Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa dan GM ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Rudi B Hanafiah. 

Arahan Gubernur Kepulauan Babel saat itu menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan mudik, namun masih ada sebagian dari  masyarakat yang melaksanakan mudik menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Sebelumnya diketahui, banyaknya masyarakat Pulau Bangka yang tertahan di Pelabuhan Tj. Api-Api, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), hal itulah membuat Pemprov Babel mengambil kebijakan untuk membuka kembali pintu penyeberangan Pelabuhan Tj. Kalian Muntok dengan protokol pengawasan kesehatan yang ketat. 

Protokol kesehatan yang dilakukan kepada penumpang antara lain pemeriksaan "rapid test", setelah itu melakukan pengisian data di web/aplikasi "Fight covid-19" dan pemasangan gelang pemantauan khusus yang terkoneksi dengan aplikasi "Fight covid-19".

Selain itu, masyarakat yang melakukan penyeberangan ke Palembang merupakan pekerja yang telah kehilangan pekerjaan di Babel dan Korban PHK yang khusus hari ini boleh menyeberang ke Palembang dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pantauan Jurnalis mapikor-news.com, setelah melakukan peninjauan di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Gubernur Kepulauan Babel bersama Forkompinda melanjutkan perjalanan menuju tempat pelaksaan rapid Test dan ruang pendataan Fight covid-19.

Kunjungan Gubernur Babel tersebut sebagai upaya pengecekan terhadap kesiapan dan pelaksanaan pemantauan aktifitas  masyarakat yang masuk dan keluar pulau Bangka melalui pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. Dan pelaksanaan Rapid Test dan ruang pendataan serta pemasangan gelang khusus yang terintegrasi dengan aplikasi  Flight covid-19, kepada masyarakat ataupun mahasiswa yang baru kembali ke pulau Bangka. (RF)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999