10 April 2020 | Dilihat: 102 Kali
Dua Warga Merangin Dinyatakan Berstatus PDP
noeh21

Merangin-Jambi || mapikor-news.com —Guna menjelaskan kronologis adanya hasil rapid test yang dinyatakan positip terhadap dua warga Merangin.Tim gugus tugas covid-19 Merangin menggelar konferensi pers (Konfres) pada Jum’at (10/4/2020) bertempat di posko penanganan covid -19 Merangin di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh ketua tim gugus tugas kabupaten Metangin Al Haris yang didampingi juru bicara covid 19 Merangin M Arief dan direktur RSD Kol Abundjani Berman Saragih.

Pada Konpres ini Al Haris menjelaskan bahwa pada Kamis (9/4/2020) sore pihak RSD Kol Abundjani telah memeriksa lima orang warga Merangin yang pernah kontak langsung dengan salah satu warga yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan saat ini dirawat di Jambi.

Hasil Rapid Test dari lima orang keluarga dekat PDP yang di lakukan pengecekan, dua pasien dinyatakan positif.

“Dari lima yang tes, dua terkonfirmasi positif hasil rapid test, dan ini hanya langkah awal untuk tes selanjutnya,” ujar ketua Gugus Tugas Al Haris yang tak lain Bupati Merangin.

Namun begitu kata Al Haris, untuk memastikan dua pasien tersebut positif covid-19 atau tidak harus melalui tes Polymerase Chain Reaction (PCR) atau yang populer disebut swab.

Langkah pemerintah daerah atas kejadian ini tetap mengisolasi dua pasien positif hasil rapid tes tersebut yang saat ini telah ditingkatkan statusnya sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dua pasien positif tersebut masih dalam usia anak-anak, pertama pasien 01 berjenis kelamin perempuan berumur 11 tahun dan kedua pasien 02 bejenis kelamin laki-laki berumur 8 tahun.

Keduanya adalah anak dari pasien PDP yang masih dirawat di Jambi dan berasal dari Desa Pulau Baru Kecamatan Batang Masumai. Tak hanya pasien 01 dan 02 kelurganya yang negatif kata Haris juga ikut diisolasi agar dapat dipantau dan warga desanya nyaman.

“Dua pasien PDP kita itu berasal dari desa Pulau Baru Kecamatan Batang Masumai,” kata Al Haris dalam konfres tersebut.

Selain itu, saat ini tim gugus tugas telah meminta data dari kades dan camat setempat kepada warga yang pernah kontak langsung dengan pasien PDP ini dan juga akan dilakukan rapid test.

“Setelah dapat, mereka yang terdata pernah kontak fisik dengan pasien tersebut kita lakukan rapid test,” tambah Al Haris.

Pada kesempatan ini Al Haris juga menghimbau masyarakat tetap tenang dan tetap disiplin menjaga jarak aman, dilarang berkumpul dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah.(Damsir).

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999