03 Juni 2020 | Dilihat: 291 Kali
PT SDA Dan Koperasi BBDM Teken Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Kebun Plasma Sawit
noeh21

PT SDA Dan Koperasi BBDM Teken Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Kebun Plasma Sawit
 
 
Bengkalis || www.mapikor-news.com — Alhamdulillah setelah melalui proses dan perjuangan yang panjang, akhirnya PT Surya Dumai Agrindo (SDA) dan Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) yang diketuai Haji Ismail, sepakat menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) terkait bagi hasil kebun plasma sawit di Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Riau.
 
Dari data yang diterima redaksi media ini, Rabu (3/6/2020) menyebutkan bahwa penandatanganan kesepakatan tersebut tertuang dalam SPK bernomor
02.0.4/SPK/001/V/2020 tentang Kerjasama Pembangunan, Pengelolaan dan Pemeliharaan Perkebunan Kelapa Sawit Kemitraan antara Koperasi BBDM dan PT SDA.
 
Dokumen SPK setebal 8 (delapan) halaman tersebut berisi tentang sejumlah pasal dan ayat terkait kesepakatan kedua belah pihak, ditandatangani / diteken pada tanggal 18 Mei 2020, oleh Sapta Rayendra Direktur PT SDA selaku pihak pertama, H. Ismail dan Husni Libra masing - masing menjabat Ketua dan Sekretaris Koperasi BBDM selaku pihak pertama.
 
Selanjutnya dokumen SPK yang memiliki kekuatan hukum antara masing - masing pihak tersebut, juga diketahui dan ditandatangani oleh Plh Bupati Bengkalis H. Bustami, HY, SH.MH, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Bengkalis Herman, S.Si, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis Tarmizi, SP, M.Si dan Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, S.STP. MPA.
 
Juru Bicara Koperasi BBDM Sulaiman dikonfirmasi membenarkan penandatanganan SPK tersebut, dengan demikian maka terjawab sudah penantian panjang sekitar 800 Kepala Keluarga (KK) petani kebun plasma sawit terhadap realisasi bagi hasil tersebut.
 
"Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, mulai dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis Pak Plh Bupati, Kejari Bengkalis melalui Kasi Datun, Pak Kadis Koperasi dan UMKM, Pak Kadis Pertanian, Pak Camat Bukit Batu dan seluruh kepala desa, serta kerja tim yang solid, kami mengucapkan terimakasih yang sedalamnya, karena sudah rampung menyelesaikan penandatanganan SPK antara Koperasi BBDM dengan PT SDA. Dengan demikian, ditargetkan paling lama bulan 10 tahun ini, dan kita upayakan lebih cepat, para petani pemilik lahan sudah mulai menikmati dana bagi hasil kebun plasma sawit dari PT SDA," ungkap Sulaiman didampingi sekretaris Koperasi BBDM Husni Libra.
 
Lebih lanjut kata Sulaiman, saat ini pihaknya sedang merampungkan data Calon Petani Penerima (CPP), oleh sebab itu pihaknya juga berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Kepala Kelurahan di Kecamatan Bukit Batu yang masuk dalam operasional PT SDA.
 
"Akan kita upayakan lebih cepat untuk menyelesaikan data CPP ini, sehingga cepat pula proses bagi hasil seperti yang diharapkan oleh para petani," tambah Sulaiman.
 
Sementara itu Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, S.STP, MPA menyambut baik rampungnya penandatanganan SPK antara PT SDA dan Koperasi BBDM, dia berharap hal itu mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat kususnya petani kebun plasma sawit di Kecamatan Bukit Batu.
 
"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kecamatan Bukit Batu, saya mengucapkan tahniah kepada jajaran Koperasi BBDM, beserta ratusan petani plasma sawit yang tergabung di dalamnya, dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu mengangkat taraf dan gairah ekonomi masyarakat kita, kususnya para petani. Kepada para pihak (PT SDA dan Koperasi BBDM, Red) saya harap dapat menjaga komitmen bersama dengan baik dan benar," tutur Camat Bukit Batu Taufik Hidayat.(Ferizal) 
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999