05 Agustus 2020 | Dilihat: 360 Kali
PT. Bintang Mas Pertiwi Diduga Belum Memiliki Izin Lingkungan.
noeh21

PT. Bintang Mas Pertiwi Diduga Belum Memiliki Izin Lingkungan.

Barsel | www.mapikor-news.com
 
Berdasarkan hasil pantauan media  serta keterangan dari masyarakat yang diterima bahwa PT. Bintang Mas Pertiwi yang bergerak di bidang Asphalt Mixing Plant (AMP) diduga belum memiliki Izin Lingkungan terkait Limbah.
 

Lokasi AMP milik PT Bintang Mas Pertiwi sesuai keterangan yang diterima berada diwilayah Desa Kalahien  berdekatan dengan  wilayah Desa Madara  Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan tengah, arah jalan  Buntok - Palangkaraya, sudah cukup lama  berdiri  untuk memproduksi  bahan aspal  serta  serta didukung berbagai alat berat, truck disel  pendukung  yang ada pada lokasi  tersebut.

Ironisnya menurut keterangan masyarakat setempat, agi, sebelum berdirinya AMP, PT.Bintang Mas Pertiwi telah melakukan pembukanan lahan, dengan  menggarap  hutan lahan  yang menggunkan alat berat  yang di duga juga tanpa mengantongi perijinan yang lengkap dari pemerintah sesuai ketentuan yang berlaku.
 

Terkait hal ini Jurnalis media Mapikor melakukan investigasi mencoba konfirmasi  mengenai status areal  tersebut kepada
Dinas Kehutanan Provinsi  Kalimantan Tengah, cabang  UPT Gerbang Barito unit IX, menurut keterangan
Fahrudin, S.Hut, Kasi perencanaan  Kesatuan  Pengelolaan  Hutan Lindung (KPHL) Gerbang Barito unit IX  ( 4/8/20) di ruang kerjanya di Buntok,
Menurut keterangan Fahrudin, kalau melihat peta yang di bikin ini dan melihat dari peta yang kami miliki , bahwa area lokasi dari AMP milik PT. Bintang Mas Pertiwi tersebut masuk di dalam araal Hutan Produksi Terbatas (HPT) dan juga masuk  dalam wilayah  areal milik PT. Tingang Karya Mandiri (TKM)" ungkapnya.

Selain meminta konfirmasi Dinas Kehutanan, konfirmasi juga dilakukan terkait perijinan B-3,  IPAL dan  Ijin lingkungan AMP  PT . Bintang Mas Pertiwi  kepada  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito  Selatan (4/8/2020) kepada Ir. Edy Kristianto.MT,vselaku kepala Dinas  Lingkungan Hidup melalui sambungan telpon seluler, Kristianto menerangkan bahwa belum ada   ijin  lingkungan baik  itu ijin B-3, ijin lingkungan dan ijin IPAL, yang diberikan kepada AMP PT.Bintang Mas Pertiwi.
 

Edy Kristianto juga menjelaskan bahwa dulu  memang pernah diberitahukan agar PT. Bintang Mas Pertiwi, untuk  segera mengurus ijin ijin tersebut, akan tetapi sampai sekarang belum juga di urus perizinan tersebut pungkas Ir. Edy Kristianto. MT.

(Tifk)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999