21 Mei 2020 | Dilihat: 178 Kali
Pemuda Panca Marga Dirikan Koperasi Digital Untuk Solusi Indonesia
noeh21

Pemuda Panca Marga Dirikan Koperasi Digital Untuk Solusi Indonesia

Jakarta | www.mapikor-news.com

Ketua Umum Pemuda Panca Marga, Samsudin Siregar SH. mengatakan pandemi covid 19 ini adalah virus yang tidak bisa disepelekan, karena sangat berbahaya dan mematikan, akan tetapi kita jangan berdiam diri menghadapinya.
 

“kita perangi covid 19 dengan cara lindungi diri dan memerhatikan protokol kesehatan serta menjauhi media yang dapat menularkan covid 19 seperti uang pada saat berbelanja,” ungkapnya pada wartawan usai MOU antara Koperasi Digital Indonesia dengan Perusahaan Internasional, di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Ditegaskannya masyarakat harus mematuhi kebijakan pemerintah pusat dan daerah agar semua terhindar dari penularan Covid-19.
 

“Apa yang menjadi perhatian dari pemerintah pusat dan daerah mari sama sama kita dukung demi keselamatan bersama,” tegasnya

Samsudin Siregar yang merupakan pengusaha dan mantan anggota DPR RI menjelaskan disaat pandemi covid-19, PPM membantu pemerintah memutus penyebaran mata rantai Covid-19 dengan mendirikan Koperasi Digital Solusi Indonesia (KOPI DISINI).

“Kami turut membantu memberikan solusi dengan membuat Koperasi digital solusi indonesia, dimana kita harus bisa mengunakan cara yang lebih mudah dan meminimalisir proses penularan menjadi lebih aman dengan mengunakan transaksi pembayaran atau layanan banking dengan sistem Digital,” jelasnya.

Pengamat Ekonomi yang juga Ketua Divisi UMKM Pemuda Panca Marga, Dr. Sutandy Setyawan, SE, MM mendukung inovasi gagasan dari Ketua PPM, Samsudin Siregar dalam kondisi seperti ini PPM melakukan inovasi membantu masyarakat menghadapi covid-19.

“Ini merupakan pemikiran yang luar biasa dari Ketua Umum PPM yang memiliki inovasi membentuk Koperasi Digital Solusi Indonesia. Koperasi ini dijadikan alat untuk membantu pemerintah mengurus nasib rakyat kecil yang terpapar dampak ekonomi Covid 19,” ungkapnya.

Dijelaskannya dengan menggunakan sumber daya PPM yang tersebar di seluruh Indonesia akan menjadi efektif dan efisien memberdayakan ekonomi rakyat yang mengalami kesulitan dalam situasi covid-19.

“Sumber Daya Manusia PPM yang berjumlah lebih dari 5 juta orang di 34 Provinsi dan 500 kabupaten kota seluruh Indonesia ini akan sangat efektif mendorong pemberdayaan ekonomi rakyat terutama mengenai ketahanan pangan,” jelasnya.
 

Sedangkan Ir. Robert Riovanni, MM, Ph.D., selaku pengamat Digipreneur Akademy mengatakan apa yang dilakukan oleh Samsir menciptakan peluang inovatif, yang di luncurkan oleh pemimpin visioner ini sangat bagus.

“Pemerintah terbantu, masyarakat juga terbantu dan sangat bermanfaat untuk kedepannya, dimana kita semua harus mulai bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi saat ini,“ ungkapnya

Senada dengan Rio, Dosen Fakultas Komunikasi Universitas Mercu Buana, Sabena.S.IKOM.M.IKOM, mengatakan masyarakat merupakan objek yang saat ini harus lebih di utamakan pada pandemi covid 19, dimana perhatian pada keamanan diri, keluarga dan lingkungan menjadi central perhatian yang utama. 

 “Perlunya edukasi dan sosialisasi dari pemerintah akan manfaaat dari sistem Digital saat ini,  karena dapat mempermudah transaksi pembayaran, dan dapat menekan/ mengurangi memutus mata rantai penularan covid 19,  ketika masyarakat sudah mendapatkan edukasi/pemahaman akan manfaat positif karena dapat melindungi diri mereka, maka masyarakat akan langsung menyesuaikan diri. sisi positif dan weeknes /kelemahanpun harus di informasikan,” ujarnya. (RRI.Co.id/Ril)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999