17 Juli 2020 | Dilihat: 111 Kali
News. Pemkab Humbahas Adakan Rapat Koordinasi Tindaklanjut Pengembangan Food Estate
noeh21

Pemkab Humbahas Adakan Rapat Koordinasi Tindaklanjut Pengembangan Food Estate

Doloksanggul | www.mapikor-news.com


(17/7) Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili Sekretaris Daerah, Drs. Tonny Sihombing, M.IP bersama Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Ir. Tommy Nugraha, MM memimpin Rapat Koordinasi Tindaklanjut Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul (17/7). Bersamaan dengan rapat ini, sekaligus rapat melalui Video Conference (Vidcom) bersama beberapa Direktur dari Kementerian Pertanian.
 

Turut dalam rapat atau rapat melalui Video Conference, mewakili Direktur Pembenihan Holtikultura,  mewakili Direktur Pengolahan dan Pemasaran Holtikultura, mewakili Direktur Alat dan Mesin Pertanian, Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, PT. Indofood Sukses Makmur, PT. Wings Food, PT. Horti Agro Makro (Champ), para Asisten dan beberapa Pimpinan OPD terkait.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Tonny Sihombing, MIP menyampaikan bahwa rapat ini merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya dalam rangka Pengembangan Food Estate berbasis Hortikultura di Kabupaten Humbang Hasundutan. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan bersama masyarakat telah siap melaksanakan program Pengembangan Food Estate ini dengan bimbingan dari Kementerian Pertanian.
 

Dalam paparannya, Diretur Sayuran dan Tanaman Obat, Ir. Tommy Nugraha, MM menyampaikan Pengembangan Kawasan Food Estate berbasis Korporasi Hortikultura di Humbahas dengan urgensi Penumbuhan sentra utama baru Bawang Merah di Pulau Sumatera; Pengembangan Bawang Putih untuk substitusi impor;  Penyediaan Kentang Industri dan Konsumsi secara terpadu mulai dari Sistem Pembenihan, Budidaya, Pascapanen dan Pemasaran; Pengembangan Ekonomi Kawasan Agroekowisata Danau Toba. Untuk tahun 2020 direncanakan 1000 ha, dengan lokus Kecamatan Pollung.
 

Dari hasil diskusi juga dan merupakan usulan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu, Jonny Hakim Purba menyampaikan untuk memperhatikan antara lain kerusakan alam akibat penyediaan lahan dan kejelasan atau kepastian kepemilikan lahan. Hal ini disampaikan untuk menghindari permasalahan-permasalahan yang timbul dikemudian hari. Disampaikannya juga bahwa Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu sepnuhnya mendukung Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan.

DISKOMINFO\Bsm P.

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999