30 Mei 2020 | Dilihat: 182 Kali
NEW NORMAL BUKAN HAL YANG BARU KITA SUDAH PERNAH MELAKUKANNYA
noeh21

NEW NORMAL BUKAN HAL YANG BARU KITA SUDAH PERNAH MELAKUKANNYA

Pangkalpinang | www.mapikor-news.com

Tanpa kita sadari New Normal Sebenarnya sudah kita alami sebelum Kata kata "New Normal" ini heboh di masyarakat. Karena New Normal bagi saya adalah menjalani pola baru dengan gaya baru, yang sebagian besar dari kita pernah mengalaminya.

Ketika saya berumur 5 Tahun saya pindah dari kehidupan bersama Bapak-ibu di Bangka Belitung ke kehidupan baru bersama keluarga di Jambi. Dari kehidupan bapak dan ibu saya yang selalu dekat keluarga dan orang tuanya . Kami harus merantau ke Jambi. Dengan mencari teman yang baru, mencari rumah untuk tempat tinggal, dan tentunya mempelajari bahasa yang jauh berbeda dengan daerah tempat asal kami. Itulah kehidupan baru yg harus saya jalani ketika itu.

Dari yang awalnya kami tidak terlalu memikirkan bagaimana untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, maka dengan menetapnya kami di Provinsi jambi. situasi nyaman bersama keluarga di kampung asal berubah menjadi bagaimana kami memulai untuk menjadi terbiasa dengan lingkungan sekitar, hidup selama 12 di daerah baru yg belum pernah di kenal sebelumnya, 

Alhamdulillah selama masa itu kami banyak mendapatkan keluarga, dan batanghari jambi menjadi daerah yang pernah kami singgahi selama 12 tahun mengajarkan kami bagaimana cara beradaptasi dan pada akhirnya terbiasa dengan kehidupan yang baru terSebut.

bagi saya itu adalah contoh dari New Normal Life. Hidup dengan situasi baru dengan cara yang amat berbeda dari sebelumnya. 

Kini dalam konteks pandemi covid-19 kita harus mulai belajar hidup berdampingan dengan makhluk berbahaya bernama corona.  Kita tidak mungkin terus menerus hidup dengan tetap tinggal di rumah. Kita harus keluar dan bekerja normal. Tapi tidak lagi dengan cara lama, tidak dengan pola kebiasaan lama. 

Maka cara dan gaya baru merupakan suatu kebiasaan yang akan kita lakukan agar kita dapat beradaptasi dan menjadikan kita dapat hidup sehat dan berkerja produktif di tengah tengah wabah ini.

Kita mulai terbiasa dengan Masker dan akan menjadi pelengkap berpakaian harian. Sama pentingnya dengan gadget yang kita pakai, dulu kita terbiasa hidup tanpa gadget, tetapi saat ini gadget menjadi bagian pelengkap dalam keseharian kita.  Begitu juga dengan hand sanitizer akan menjadi pendamping masker dalam keseharian kita nantinya.

Dan yang terpenting dalam hal kebiasaan yang baru, tempat cuci tangan akan berada di setiap rumah, kantor, fasilitas umum, tempat perdagangan dan tempat lainnya, kita akan selalu merasa aneh dan kurang apabila di tempat yang kita singgahi tidak ada tempat cuci tangannya.

Aplikasi yang memfasilitasi Pertemuan virtual akan menjadi model baru dalam hal kita melaksanakan. Rapat, seminar, workshop, halal-bihalal, hingga pesta nikahan semua dilakukan secara live via virtual. 

Dan kita akan berpikir terbalik menganggap pertemuan, rapat yang dilakukan di ruangan seperti sebelum wabah menjadi hal yang ketinggalan zaman

Tentunya terdapat hikmah baik di setiap kejadian, dan corona ini memaksa kita untuk beradaptasi dengan cara melakukan suatu kebiasaan yang sebelumnya tidak pernah atau jarang kita lakukan, dan bagi saya ini baik, karena inilah yang kita sebut dengan "New Normal"
(Novrian Saputra)
Pangkalpinang, 30 Mei 2020

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999