12 Mei 2020 | Dilihat: 99 Kali
Mentan RI Vidcon Dengan Bupati Humbanghas
noeh21

Mentan RI Vidcon Dengan Bupati Humbanghas


Humbanghas || www.mapikor-news.com — 
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo Video Conference (Vidcon) dengan Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE bersama 14 Kepala daerah yang ditunjuk dari  34 Kepala daerah (12/5). Video conference ini membahas Gerakan Tanam Padi dan Jagung serta percepatan pertanaman untuk musim tanam kedua. Bupati Humbahas mengambil lokasi di areal panen padi Desa Bonandolok, Kecamatan Lintongnihuta.

Hadir pada video conference dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Asisten Administrasi dan Kesra Drs. Janter Sinaga, Kadis Pertanian Ir. Junter Marbun, Kadis Kominfo Drs. Hotman Hutasoit, Inspektur Ir. B.P Siahaan, Camat Parangian, Kepala Desa Bonandolok serta Kelompok Tani Sinar Tani.

Dalam paparannya Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan bahwa pada saat ini Humbang Hasundutan tepat pada musim panen padi. Dari hasil pengubinan diperkiraan 6,24 ton per ha dengan luasan 80 ha sudah siap panen. Dan untuk pertanaman musim kedua, bulan Mei Humbang Hasundutan memprioritaskan penanaman bawang merah dan jagung.
 
“Ketiga di Humbang ada sekitar 50.000 ha yang bisa diolah menjadi padi gogo, jagung, maupun holtikultura, kami membutuhkan penambahan eskavator pak, memang kami sudah dikasih dari pak menteri sekitar 11 unit tapi kami masih kurang, harapan kami pada momen ini, kebetulan saya sedang bersama petani, kalo boleh pak menteri kami bisa dibantu, biar lahan kami boleh dibuka kembali agar lahan pertanian boleh bertambah luas pak dan padi gogo sekarang menjadi komoditi terbaru di humbahas karena hasilnya sangat luar biasa”, ujarnya.

Ditambahkannya, Humbang Hasundutan telah melakukan refocussing anggaran sebesar Rp. 50 Miliar yang salah satunya dalam rangka ketahanan pangan sebesar Rp. 15 Miliar melalui pemberian bantuan benih/bibit dan sarana produksi kepada petani.

Pada video conference ini Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berbincang-bincang dengan kepala daerah akan kesiapsiagaan daerah dalam rangka ketahanan pangan. Masing-masing Bupati/Walikota diberikan waktu 2 menit untuk menyampaikan paparannya.
 
Sebelumnya Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan salam pertemuan walaupun di awan karena situasi pandemi covid-19. Pandemic covid-19 mempengaruhi sampai pada relung kehidupan termasuk ekonomi global. Akan tetapi dengan pertemuan seperti ini, dimana Bupati/ Walikota dan Gubernur yang langsung turun ke lapangan akan mampu menciptakan kebijakan yang tepat. Aroma tanah, tanaman dan sungai akan mengikat kita dalam berfikir pada kondisi nyata dalam mengambil kebijakan. (diskomino/BP)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999