08 Juli 2020 | Dilihat: 81 Kali
Membangun Komsos,Mampu Mengamankan Hutan RPH Soko
noeh21

Membangun Komsos,Mampu Mengamankan Hutan RPH Soko


Bojonegoro || www.mapikor-news.com — Beragam Upaya mengamankan hutan, diantaranya dengan bersinergy dengan masyarakat sekitar hutan, dengan menggalakkan komunikasi sosial (Komsos).

Administratur (ADM/KKPH) Bojonegoro Dewanto, S.Hut, MSc,didampingi Asper Gondang Sugianto dan KRPH Soko Sudarman, menegaskan bahwa, untuk mengamankan hutan bukan hanya Patroli rutin, siaga full day, tetapi melaksanakan dan membangun  komunikasi sosial pada masyarakat itu lebih bagus, dengan kesadaran masyarakat yang sudah baik, tentunya tinggal memupuk dan melestarikan."Perihal personil, pada intinya semua karyawan Perhutani adalah Polhut. Jadi semua wajib mengamankan aset negara, dalam hal ini kawasan hutan yang diwenangkan pada Perum Perhutani". Tegas Adm/KKPH Bojonegoro yang merangkap KKPH Parengan.

Asper Gondang Sugianto menambahkan bahwa sebagai pelaksana tugas di lapangan, utamanya dalam mengemban missi yakni punya 'katribawan/Wibawa' , ramah,sopan, tegas, serta jangan pernah meminta , sebab yang kita jaga adalah asset negara yang notabene tidak dipagar tembok atau pagar besi, artinya siapapun bisa masuk bisa lewat kapanpun.

Maka yang penting petugas 'sembrono' apalagi ikut bermain asset yang dijaganya,,utamanya Tanaman inti yakni Kayu Jati."Sesuai juknis dan juklak dari pimpinan dalam hal ini tentunya Pak Adm, bahwa Asper harus selalu mem-back-up, personil yakni para KRPH, POLHUT ,Mandor.

Secara efektif bahwa untuk  BKPH Gondang yang bisa dikerumuni masyarakat yang begitu majemuk, memang setidaknya dibutuhkan tambahan polhut sekitar 2-3 personil, itu kalau pimpinan berkenan. Jika memang memang jumlah yang ada maka kita optimalkan, Mengingat kondisional nya. Untuk meningkatkan kesigapan. Sedangkan untuk RPH yang saat ini,,memang bisa dikatakan dominan sering paling kami ikuti giat patroli yakni RPH Gondang.

Sebab KRPH nya pindahan baru, medan belum fasih, serta masih sangat perlu ditemani berorientasi ,serta merta masyarakatnya bervariatif, itulah sebabnya, kalau RPH lain prosentasinya kehadiran kami @ 20 % maka RPH Gondang 40 %. Karena 3 (tiga) KRPH lainnya sudah lama semua, fasih medannya serta tabiat masyarakatnya. Dan Gondang dibutuhkan KRPH selain Phisik matoh/sip, juga berani gelut, selain sopan, beradab dan tidak sebrono, seperti yang kita bahas ini, yakni KRPH Soko Sudarman. Komunikatif, energik, responship, bertanggung jawab. Lusa kita bahas,RPH Dodol, lainnya menyusul boleh, kapan sempatnya mas eko", ulas Asper yang juga sesepuh organisasi bela diri.

KRPH Soko Sudarman, memang dalam melaksanakan tugas sesuai jalur juknis dan juklak pimpinan, memang tepat cara beradaptasinya dengan warga desa soko  dari berbagai dusun. Adat sopan santun serta mengalah sedikit waktu nya istirahat yang harus dikorbankan untuk bisa membangun komunikasi dengan warga pun ia relakan,,selama selalu dituruti tetapi mereka juga tidak mengganggu hutan."Yang penting ojo cluthak/ngawur". Memang pohon hanya K.U 4 (terbesar),terbanyak KU 2."Disini masyakatnya repot, jika petugas kenuruten ya dipingpong, jika keras /galak mereka menjauh. Maka therapy yang kami pakai, senyum, sapa , bergaul cara baik, namun waspada.

Dan di desa Soko ini ada 3 (Tiga),RPH Yakni RPH Soko BKPH Gondang,desanya ikut Soko kec.Temayang (bukan kec. Gondang), ada RPH Sekonang ikut BKPH Temayang, serta RPH Sekidang BKPH Bareng .Alhamdulillah bisa menjadikan pitakonan 'terserah' mbah Mantri, bisa jadi perhitungan mereka dalam kegiatan desa,tetapi harus jangan lengah. Bila lengah tentunya asset yang kami jaga bisa 'mbomot/bubur'.

Dengan kondisi kondusif begini walau dari KPH berjarak tempuh 58 KM, kami enjoy dan siap sampai pensiun. Untuk kadesnya yang sekarang Ir. M.Johan Hariyoko , untuk Polhut yakni Kuswoto dan Edi Subowo.Mandor Suparman,  Sedangkan yang ikut ngechek BB tadi Rudi. Sedangkan yang butuh konsentrasi diatas rata rata, yakni petak 118, 119,133,142. Kamhut aman, memang 1-2 batang/2 -3 bulan, ya kecurian. Tetapi tidak sampai keluar desa. BB ini kayu kuburan kena bencana alam" ulas Sudarman KRPH Soko.(Eko).

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999