17 Juni 2020 | Dilihat: 96 Kali
Malteng: Kecamatan Salahutu dan Kecamatan Saparua Angka Tertinggi Positif Covid-19
noeh21

Malteng: Kecamatan Salahutu dan Kecamatan  Saparua Angka Tertinggi  Positif Covid-19

Malteng | www.mapikor-news.com.

Tercatat jumlah pasien positif covid-19 hingga tanggal 15 Juni 2020 sesuai data yang masuk pada tim gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 kabupaten Maluku Tengah, kecamatan Salahutu dan kecamatan Saparua adalah daerah tertinggi jumlah kasus positif covid-19.

Jeni Adijaya, kepala Dinas Kesehatan Maluku Tengah sekaligus juru bicara tim gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19,menjelaskan sampai dengan tanggal 15 Juni 2020 data yang masuk ke tim gugus tugas Maluku Tengah, jumlah pasien yang dinyatakan positif dan sementara di rawat pada RSUD dr. Ishak Umarela Tulehu sebanyak 16 orang, dan 9 pasien positif sementara di rawat di RSUD Saparua.

Disusul 3 pasien positif yang saat ini dirawat pada RSUD Masohi, 3 pasien menjalani isolasi di LPMP Provinsi, 2 pasien positif dirawat di RSUD dr. Leimena, 2 pasien positif dirawat pada RSUD dr. M. Haulussy, sisanya tersebar di beberapa daerah pada wilayah kabupaten Maluku Tengah.
 
Jumlah keseluruhan kasus covid-19 yang ada di kabupaten Maluku Tengah, kata Adijaya sebanyak 107, terbagi atas ODP 32 jiwa, PDP 8 jiwa dan terkonfirmasi positif 40 sementara yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 27 jiwa dan penyabarannya ada pada beberapa kecamatan di Maluku Tengah.

Dari jumlah pasien baik yang positif, ODP maupun PDP saat ini, kata Adijaya, bisa saja nantinya mengalami kenaikan maupun penurunan, hal ini disebabkan tim medis sementara melakukan tracking lanjutan di desa Waai,Tulehu dan desa Suli, sementara wilayah pulau Haruku, tracking dilakukan di desa Kailolo.

“Laporan hari ini belum selesai tapi sampai hari ini terkomfirmasi positif itu 39 kasus terbanyak di kecamatan Saparua dan Salahutu, ODP, PDP ada di rumah sakit Masohi, Saparua , kecamatan Salahutu, Leihitu , tracking sampai saat ini berjalan di Desa Waai, Tulehu dan Suli dan di Kailolo pulau Haruku” Ujar Jeni.

Lebih lanjut dikatakan Jeni Adijaya, masyarakat diminta untuk lebih memperhatikan pola hidup sehat, dengan mengedepankan kebiasaan rajin cuci tangan setiap saat, menggunakan masker apabila keluar rumah.

Pemerintah kabupaten Maluku Tengah, terus melakukan berbagai kebijakan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di wilayah kabupaten Maluku Tengah, dimana bupati Tuasikal Abua mengeluarkan kebijakan dengan memperketat pintu-pintu masuk pada setiap kecamatan hingga desa.(tim)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999