04 Agustus 2020 | Dilihat: 383 Kali
LSM LP3K-RI Minta Kejari Barsel Secara Serius Tuntaskan Dua Dugaan Tipidkor
noeh21

LSM  LP3K-RI Minta  Kejari Barsel Secara Serius  Tuntaskan Dua Dugaan Tipidkor  

Barsel Kalteng | www.mapikor-news.com

Lembaga Pendidikan, Pemantauan dan Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (LP3KRI) Jakarta, Assjian  anggota Kabupaten Barito Selatan,sangat  menantikan keseriusan aparat penegak hukum, khusus nya pihak kejaksaan  Negeri Barito Selatan untuk memproses secara hukum dugaan tindak pidana korupsi (Tipidkor) di daerah setempat.
 

Dalam keterangannya kepada awak media  selasa ( 4/8/2020),  Asjian mengatakan dia masih menunggu keseriusan dalam proses hukum tersebut. 

"Pasalnya, menurut nya  Asjian  hingga saat ini, dari sejumlah kasus yang masuk dalam proses hukum, hanya sebagian kecilnya saja. ucapnya 

Bahkan yang lebih disayangkan lagi sebitnya, yaitu ada dua kasus  yang di tunggu sejauhmana  prosesnya  tanpa adanya kejelasan proses hukum nya.

Berkaitan dengan hal itu, ia  juga kemudian mempertanyakan, ada kendala apa sebenarnya dalam proses penegakkan hukum bidang Tipidkor di Barsel terkesan lamban,  apakah karena memang kasusnya cukup rumit, atau kah aparat nya yang  kekurangan personelnya atau sudah di SP3 kan  oleh mareka  jatau sebalik nya. Tapi seandainya sudah  di SP3kan atas  dua dugaan  tipikor itu  semestinya  pihak  kejaksaan  harus  membuka di media sosial, biar masyarakat tidak lagi bertanya tanya tentang dugan tipdkor tersebut, tegasnya.

“padahal menurut nya  sesuai undang undang nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, khususnya buat kejari Barsel  Supaya kita  dan masyarakat tahu ada apa kendalanya sehingga terkesan lamban memproses nya, ada apa sebenar nya.??.

Berdasarkan data yang berhasil kami dihimpun, tercatat ada dua kasus dugaan tipidkor yang ditangani oleh pihak  Kejaksaan Negeri Barito selatan  yaitu  Dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tahun 2018  dan pengadaan Laptop +  CCTV  pada diknas kabupaten barsel thn 2018  dan  sepengetahuan kami  dari dua dugaan tipidkor itu belum tuntas secara murni  oleh pihak kejaksaan , soal nya sampai saat ini , dugaan tiodkor itu  diam tidak kabar nya.  sejauh mana proses dugasn tipdkor itu . ucapnya.

Yaitu dana hibah  yang konon kata nya  untuk dana operasional  Koni  sebesar Rp. 1. 480. 000.000,- tahun 2018 dan  kegiataan  POR Provinsi sebesar Rp. 1.390.000.000,- tahun 2018  yang bersumber dari dana hibah itu dan dugaan  tipdkor proyek pengadaan  (multimedia) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Barsel tahun 2018. 

Berdasarkan dari hasil jejakan kami dari  lembaga swadaya masyarakat ( LSM  LP3K-RI  Jakarta  kordinator dan anggota   Barito selatan dugaan tipidkor itu  belum tuntas  di proses hukum,  maka dari dia  meminta kepada penegak hukum khususnya Kejaksaan Negari Barsel , sekiranya  secepat mungkin  untuk   melakukan proses  penyidikan terhadap dua  dugaan tipidkor  proyek Pengadaan  laptop dan CCTV ( Multimedia ) pada   Dinas Pendidikan  kab barsel Tahun Anggaran 2018  sebesar Rp. 1 milyar  lebih  itu dan dugaan kasus tipidkor  Dana Hibah Koni  barsel tahun 2018.. pungkasnya Assjian.anggota  Lsm LP3K-RI .

( TifK.)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999