13 Juni 2020 | Dilihat: 99 Kali
Kunjungi Polres Barsel, Kabidhumas Polda Kalteng Cek Desa Pantang Mundur.
noeh21

Kunjungi Polres Barsel, Kabidhumas Polda Kalteng Cek Desa Pantang Mundur.

Buntok | www.mapikor-news.com 

Menghadapi tatanan kehidupan baru atau new normal, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol Hendra Rochmawan, S.I.K., M.Si. mengunjungi Polres Barsel untuk melaksanakan pengecekan Desa Pantang Mundur dan ketahanan pangan Polres Barsel, Jumat (12/06/2020) pagi.

Didampingi Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah, S.I.K. beserta PJU (Pejabat Utama) Polres Barsel, rombongan meninjau kesiapan ketahanan pangan dan Desa Pantang Mundur Polres Barsel yang berada di Desa Mabuan Kec. Dusun Selatan, Buntok.

Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol Hendra Rochmawan, S.I.K., M.Si., saat diwawancarai mengatakan, diadakannya pembentukan Desa Pantang Mundur ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten ataupun kota dalam menghadapi dampak Covid-19.

“Konsep Desa Pantang Mundur yakni membuat masyarakat di kampung tersebut tangguh dan mempunyai ketahana, baik ketahanan dibidang Sumber Daya Manusia (SDM), ketahanan pangan, ketahanan di bidang kesehatan, termasuk ketahanan dalam menghadapi Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan),” ungkap Hendra.

Ia juga mengatakan, Desa Pantang Mundur melibatkan peran serta masyarakat sehingga berkontribusi besar dalam penguatan ketahanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dengan menjunjung tinggi gotong royong dan kepedulian namun tetap pada protokol kesehatan.

“Yang tidak kalah penting, Desa Pantang Mundur juga mempersiapkan Ketahanan pangan masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat produktif di tengah pandemi Covid-19,” tandasnya.

Saat ini, lanjut Hendra, disiplin merupakan vaksin corona yang paling ampuh, maka dari itu menumbuhkan disiplin di tengah masyarakat itu menjadi sangat penting.

“Mana kala secara individu sudah disiplin cuci tangan, disiplin menggunakan masker, disiplin jaga jarak, disiplin tidak kontak fisik sementara, Insyaallah itu akan mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Setelahnya, Kapolres Barsel juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada seluruh perangkat Desa Mabuan beserta masyarakat yang telah berperan aktif berupaya dalam membentuk kampung tangguh ini.

“Kampung tangguh ini merupakan upaya dari pada masyarakat itu sendiri untuk memecahkan masalah, khususnya terkait penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Diketahui, dalam pengecekan Kampung Tangguh ini, Kabidhumas beserta rombongan, mengecek beberapa tempat seperti kebun hidroponik, lumbung pangan, ruang kesehatan, ruang disinfektan, tempat cuci tangan, pos pencegahan Covid-19. (Hendrik)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999