22 April 2020 | Dilihat: 67 Kali
Kepala Desa Pagar Dewa Kecamatan:Lubay Ulu Tugino Rutin Melakukan Aktivitasnya Dalam Mngantisipasi Penyebaran covid-19
noeh21

Kepala Desa Pagar Dewa Kecamatan:Lubay Ulu Tugino Rutin Melakukan Aktivitasnya Dalam  Mengantisipasi Penyebaran covid-19


Muara Enim || www.mapikor-news.com
- Selasa (21/4/2020). Dalam menyikapi pandemi wabah corona (covid-19), dari media Mapikor mendatangi kediaman Kades Pagar Dewa Tugino, dimana pada saat awak media mapikor menanyakan letak Posko Kesehatan pencegahan Covid-19, karna tidak nampak di jalan.

Kades Tugino pun menjelaskan,bahwa “Posko nya berada di depan Kantor Kades, yang didirikan bukan di pinggir jalan”. Kades Tugino menanggapi ketika ada beberapa pertanyaan dari awak media mapikor bagaimana keadaan Desanya terkait Pandemi Covid-19 sekarang.

“Alhamdulillah warga Desa kami masih dalam keadaan kondusif, berkat kesigapan kita dan  bekerja sama dengan seluruh jajaran RT, RW juga dari babin serta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan”. Terangnya

Bukan hanya sebatas itu saja lanjutnya, “kami juga sarankan kepada warga jika ada keluarganya yang datang dari luar Daerah untuk segera melapor ke petugas yang lagi siaga di Posko Kesehatan”.

“Di Posko itu juga ada pengarahan jika ada tamu yang datang dari daerah lain, dan tamu tersebut akan dilayani dengan baik. Dan bagi warganya yang baru pulang dari rantau akan di cek kesehatannya dan di isolasi selama 14 hari dengan tetap berada di rumah saja, karna kami semua yang ada di Desa ini ingin semuanya terhindar dari wabah covid-19”.

Ketika ditanya apa yang telah di berikan pada masyarakat terkait pandemi Virus Corona, Kades menjawab, “bahwa kami dari pemeritah desa sudah membagikan Masker dan slalu melakukan penyemprotan disinfektan di setiap titik, juga di jalan serta Gang atau jalan setapak”.didalam penyemprotan ini bagi perangkat saya dan masyarakat desa pagar dewa"itu saya kasih uang Rp 50 ribu buat transportasinya.

“Kami selaku Kepala Desa menginginkan agar masyarakat tetap tenang, tidak usah panik karena jika kita sudah menjaga kebersihan dan kesehatan. Lalu kalau keluar rumah jangan lupa pakai Masker, tidak melakukan kumpul-kumpul”. Tambahnya

Ketika di tanya soal ibadah bagaimana dengan sholat jumatnya,pak Kades menjawab, “wah kalau itu kami juga melakukan dengan sangat jaga jarak dan tidak melakukan sholat jumat berjamaah di Masjid sementara ini, jadi Masjid di tutup sementara. dalam pencegahan wabah Corona.

Dalam suasana seperti ini apakah Pasar yang mingguan masih di adakan, “jelas masih, karena mereka pedagangnya ada yang datang dari Desa lain, lalu apa bapak tidak khawatir kalau ada orang datang dari Daerah lain, bpk Kades pun menjelaskan, mereka yang baru datang langsung di cek juga kesehatanya, agar semua bisa dalam lingkaran sehat”.

“Dari yang jualan hingga yang belanja akan di cek suhu tubuhnya. Saya selaku Kepala Desa pun selalu mengajarkan hidup sehat kepada warga kami, agar terhindar dari wabah Covid-19,” tegas kepala desa kepada awak media mapikor. (R Tommy)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999