01 Mei 2020 | Dilihat: 186 Kali
Istri Bupati Merangin Racik Obat Herbal Daun Sungkai Untuk Pasien Covid 19.
noeh21

Istri Bupati Merangin Racik Obat Herbal Daun Sungkai Untuk Pasien Covid 19.

Merangin | www.mapikor-news.com

Daun sungkai kerap digunakan untuk mengo bati demam dan panas badan tinggi.
daun yang banyak tumbuh di Kalimantan dan Sumatra itu juga disebut mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Ini juga yang menjadi motivasi Ketua TP PKK Kabupaten Merangin, Hesti Haris membuat ramuan herbal daun sungkai yang diberikan pada pasien positif corona.

Ramuan herbal daun sungkai yang dibuat Istri Bupati  Hesti Haris ini selalu dibawa suaminya Bupati Merangin Al Haris ketika mengantar madu ke RSD Kolonel Abundjani Bangko yang diberikan untuk pasien terinfeksi virus corona.

Ibu tiga anak ini mengatakan daun sungkai ini sudah sering digunakan warga sejak dulu untuk mengobati demam dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Digunakan untuk obat demam malaria, dari dulu banyak yang mengunakan daun sungkai ini," sebutnya saat membuat ramuan herbal daun sungkai di rumah dinas Bupati Merangin, Kamis (30/4/20).

Hesti Haris juga menyebutkan siapa saja bisa membuat ramuan daun sungkai di rumahnya masing-masing, karena caranya sangat sederhana.

"Daun sungkai ini cukup mudah ditemukan ditempat kita, kalau untuk ramuan herbal yang diberikan untuk pasien corona itu daun mudanya yang sata rebus," sebutnya.

Hesti Haris menyebutkan cara sederhana membuat seduhan herbal daun sungkai yang dia berikan untuk pasien corona.

Pertama memilih daun sungkai yang lebih muda atau dibagian pucuk, karena belum ada takaran pasti biasanya Hesti Haris merebus daun sungkai dalam jumlah ganjil.

"Biasanya takaran tujuh lembar daun atau hitungan ganjil," sebutnya.

Selanjutnya, tujuh lembar daun sungkai itu direbus dengan takaran air dua gelas dan tunggu mendidih airnya menjadi takaran satu gelas.

"Jadi air rebusan dua gelas itu, diangkat setelah air rebusan tersisa satu gelas dan selanjutnya siap digunakan atau diminum," sebutnya.

"Kita harap ramuan daun sungkai ini bisa membantu meningkat imum tubuhu pasien dan semoga bisa tumbuh," tambahnya lagi.( Damsir ).

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999