20 Agustus 2020 | Dilihat: 99 Kali
Gubernur Sulut Olly Dondokambey Peduli dengan Para Petani. Gebrakan Gubernur Utk Petani, " MARIJO BAKOBONG."
noeh21

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Peduli dengan Para Petani. Gebrakan Gubernur Utk Petani, " MARIJO BAKOBONG."

Sulut | www.mapikor-news.com
Kegiatan bersama para petani dan Dinas Pertanian Peternakan Daerah Sulut bekerjasama Kementerian Pertanian RI dan pihak Asuransi Jasindo itu dihadiri langsung Gubernur Olly Dondokambey.
Pada kesempatan itu, gubernur yang disambut bahagia oleh para petani setempat pun telah menyerahkan bantuan secara simbolis Bibit Jagung, I Unit Tracktor serta program Jaminan Asuransi Premi bagi Petani dan Peternak.
Tak hanya itu saja, Olly juga bersama petani dan rombongannya telah memanen Buah Semangka Amara FI, dimana para petani pun merasa program dari pemerintah tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi mereka.
Kaharudin yang mewakili aspirasi para petani setempat dalam sambutannya pun mengungkapkan rasa syukur atas kedatangan gubernur saat itu.
“Tidak gampang untuk mendatangkan seorang gubernur apalagi hadir dilokasi kebun begini, oleh karenanya kami sangat berterima kasih kepada pak gubernur,” ungkapnya.
Lajut ia mengatakan, petani dan pertanian sesungguhnya merupakan ujung tombak bagi daerah.
“Dan oleh pak gubernur merupakan orang yang luar biasa sangat peduli dengan para petani. Dimana ini juga merupakan bentuk perhatian dari Pemprov Sulut yang terbukti sangat antosiasi dengan masyarakat dan petani,” tambah Udin sapaan akrabnya dengan menambahkan, bahwa sosok gubernur juga sangat mengetahui keadaan pertanian dan perkebunan
Adapun Gubernur Olly disela-sela kegiatan mengatakan, Gubernur Olly mengatakan bahwa petani maupun peternak yang tercover asuransi premi (Jasindo) akan ditanggung jika gagal panen atau ternak sapinya mati, dalam artian jika terjadi bencana kerugian pada petani dan peternak akan dibayarkan.
“Tahap pertama ini baru tanaman padi yang dicover asuransi, selanjutnya jagung.
Bantuan premi asuransi ini diberikan ke petani di Sulut. Sedikitnya 3.000 hektare (ha) lahan pertanian padi di Sulut sudah tercover asuransi pertanian,” sebut gubernur.
Dikatahui program asuransi premi asuransinya ditanggung oleh pemerintah, dan khusus petani akan mencover di 10 kabupaten kota dan bagi peternak nanti di 4 kabupaten kota.
Sementara itu melalui Manajer Cabang Asuransi Jasindo, Saut Taridahasiolan mengatakan, bantuan premi ini ditalangi 80 persen oleh Kementerian Pertanian dan sisa 20 persen ditanggung Pemprov Sulut.
“Preminya per hektare lahan Rp 180 ribu untuk 1 musim tanam,” terangnya.
Diketahui khusus Minsel, sebanyak 95 hektare lahan yang terkover asuransi yang terdiri dari 102 petani pemilik lahan.
Selain itu, ada juga asuransi peternak sapi sedikitnya 1.000 ekor sapi peternak di Sulut sudah tercover asuransi.
“Kalau premi asuransi peternak itu preminya Rp 200.000 per ekor,” tambah Saut.
Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekertaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Kepala Dinas Pertanian Peternakan, Novly Wowiling, Anggota DPRD Sulut Sandra Rondonuwu beserta jajaran Asuransi Jasindo. (Theresia).

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999