01 Juni 2020 | Dilihat: 341 Kali
Gubernur Kalteng Salurkan BLT Bagi Masyarakat Kota Palangka Raya Yang Terdampak covid-19
noeh21

Gubernur Kalteng Salurkan BLT Bagi Masyarakat Kota Palangka Raya Yang Terdampak covid-19
 
 
Palangka Raya || www.mapikor-news.com — Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat yang tidak mampu atau masyarakat yang terdampak covid-19 di wilayah Kota Palangka Raya, Minggu (31/05/2020) pukul 10.00 WIB.
 
Bantuan yang bersumber dari dana APBD Provinsi Kalteng tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalteng, kepada Walikota Palangka Raya, Fairid Nafarin dan 5 (lima) orang perwakilan warga masyarakat di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Walikota Palangka.Raya. Dengan nilai total bantuan sebesar Rp 10.015.500.000.
 
Penyaluran BLT dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tersebut nantinya melalui PT. Bank Kalteng  kepada 20.031 Kepala Keluarga (KK), dimana masing-masing KK menerima BLT senilai Rp 500.000. 
 
"Ada 4 (empat) lokasi tempat penyaluran BLT  untuk di wilayah Kota Palangka Raya yaitu, Kantor Bank Kalteng Jalan RTA Milono dan Kantor Cabang Bank Kalteng Pasar Kahayan Jalan Cilik Riwut, Kantor Cabang Bank Kalteng Tangkiling dan daerah Kantor Kelurahan Kalampangan dengan  mengunakan mobil operasional Bank Kalteng," beber Sugianto.
 
Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalteng menjelaskan bahwa, data penerima Bantuan Langusung Tunai (BLT) yang diterima oleh Pemerintah Provinsi Kalteng dari Pemerintah Kabupaten/Kota, tercatat sebanyak 180 ribu Kepala Keluarga (KK) se-Kalteng.
 
"Mudah-mudahan bantuan ini dapat menumbuhkan semangat bagi masyarakat terdampak covid-19 serta membantu perekonomian UMKM agar sektor ekonomi bergerak kembali menuju era normal. Selain itu kami juga meminta bantu kepada Kapolda dan Danrem melalui Babinsa Babinkamtibmas untuk mendata warga yang miskin dan terdampak yang belum masuk daftar agar nantinya dapat disalurkan ditahap berikutnya,” tutur Gubernur. 
 
Ia juga meminta kepada Bank Kalteng untuk menghindari potensi kecurangan dalam penyaluran bantuan tersebut. "Saya selaku Gubernur Kalteng meminta kepada Walikota,, Bupati, Kapolda, Danrem, Kajati, Kapolres, dan Dandim, untuk betul-betul dapat melakukan pengawasan dan penegakan hukum agar bantuan ini benar-benar sampai kepada masyarakat sesuai dengan nominal, sehingga dapat dipergunakan sebaik mungkin. Dan apabila ada oknum-oknum yang bermain dan melakukan korupsi bantuan ini, langsung tangkap dan hukum seberat-beratnya,” tegas Gubernur Sugianto.
 
Sementara itu, Walikota Palangka Raya, Fairid Nafarin dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalteng dalam hal ini Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, karena ditengah situasi pandemi covid-19 ini. telah peduli dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat Kota Palangka Raya.
 
“Wilayah Kota Palangka Raya Jumlah  penerima BLT sebanyak  20.031 Kepala Keluarga (KK) dengan total nilai bantuan sebesar Rp. 10.015.500.000. Dan setiap KK menerima bantuan senilai Rp. 500.000. Kemudian untuk penyaluran bantuan Melalui Bank Kalteng Jalan RTA. Milono, Bank Cabang Pasar Kahayan, Bang Kalteng Tangkiling dan Kantor Kelurahan Kalampangan mengunakan mobil unit Bank Kalteng," paparnya.
 
Saat ini, bantuan yang sudah disalurkanan yaitu  Bank Kalteng Cabang Pasar Kahayan melayani Kelurahan Petuk Katimpun sebanyak 327 KK, Bank Kalteng Jalan RTA. Milono melayani Kelurahan Sabaru dan Kelurahan Kereng Bangkirai sebanyak 10241 KK sedangkan Kantor Kelurahan kelampangan melayani Kelurahan Kameloh, Kelurahan Barang Bengkel dan Kelurahan Kalampangan sebanyak 439 KK. Sedangkan untuk Kelurahan lainnya menyusul  dilaksanakan pada hari Kamis tangal 04 Juni 2020.
 
"Semoga bantuan yang diberikan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, ditengah situasi pandemi covid-19," pungkasnya. ( Hendrik)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999