11 Juli 2020 | Dilihat: 91 Kali
Direktur RSUD Dr Hc Ir Soekarno Dr Armayani Rusli So.B : tidak perlu Ke Jakarta untuk operasi kanker mandi gula
noeh21

Direktur RSUD Dr Hc Ir Soekarno Dr Armayani Rusli So.B :  tidak perlu Ke Jakarta untuk operasi kanker mandi gula

BANGKA BELITUNG - www.mapikor-news.com

Joni (31) warga RT 03 RW 09 desa Kelapa Kabupaten Bangka, pengidap kanker rahang ini butuh uluran tangan dari masyarakat, kangker rahang (mandi gula) yang dialaminya sejak tahun 2017 ini membuatnya terkulai lemas tak berdaya hingga akhirnya gagal menikah.
 

Hari ini Sabtu (11/07/2020) RSUD Dr Hc Ir Soekarno berencana akan melakukan operasi untuk mengangkat kanker rahang yang diderita oleh Joni.

Kepada Pers Forum Organisasi Pers Bangka Belitung Bersatu (FOPBBB), Dr. Armayani Rusli Sp.B Direktur RSUD Dr Hc Ir Soekarno menyampaikan bahwa pihak RSUD Dr Hc Ir Soekarno sudah siap melaksanakan operasi kanker rahang dan segala fasilitas yang dimiliki RSUD Dr Hc Ir Soekarno jauh lebih memadai dan tenaga dokter spesialis handal.

" Rumah Sakit kita Soekarno sudah mampu melakukan operasi angkat  kanker rahang yang diderita Joni, jadi tidak perlu lagi harus operasi di Jakarta, disini peralatan dan dokter  semua sudah lengkap," Kata Armayani saat menerima Pers FOPBBB diruangan kerja, beberapa waktu yang lalu, Kamis (9/07/2020).

Dijelaskannya, untuk mengoperasi pasien penderita kanker rahang ia sudah menyiapkan minimal 4 orang dokter spesialis diantaranya dokter spesialis bedah mulut, dan pelaksanaan operasinya akan dilakukan pada hari Sabtu tanggal 11 Juli 2020.
 

" Pasien Joni dikategorikan warga desa Kelapa dari Bangka Barat dan ia dari keluarga yang  kurang mampu, dibawa oleh ketua DPRD Bangka Barat, dan sudah menjadi tugas kami untuk menerima atau melayani setiap masyarakat/pasien untuk diobati atau dilakukan tindakan medis termasuk operasi apabila mendapat persetujuan dari keluarga, dan untuk masalah biaya kami tidak memikirkan itu, bisa kita cari bersama-sama apalagi untuk keluarga yang tidak mampu (miskin-red) banyak jalan Allah SWT yang membantu kita," kata dokter yang berkulit hitam manis mengenakan kacamata sembari tersenyum ramah.

Kembali dipromosikannya, kepada masyarakat Bangka Belitung untuk tidak perlu lagi berobat dan operasi yang ringan maupun yang berat harus ke luar Bangka (Jakarta) bahkan harus ke luar negeri, karena di RSUD Dr Hc Ir Soekarno peralatan medis lengkap dan semua  dokter-dokter spesialis sudah ada di RSUD Dr Hc Ir Soekarno.

" RSUD Dr Hc Ir Soekarno merupakan satu-satunya Rumah Sakit tipe B dan yang terbaik dimiliki oleh pemerintah provinsi kepulauan Bangka Belitung, dan semua dokter spesialis sudah lengkap dan kasih tahu saya jika ada pelayanan yang baik dan nyaman oleh petugas kami akan segera saya tegur dan tindak," tegas dokter kelahiran tanah Minang.

Sebelumnya  Pers Babel sempat mengunjungi Joni, kepada pers babel menurut penuturannya saat dikunjungi di salah satu ruangan di RSUD Dr. HC Soekarno Prov.Bangka Belitung Kamis, 9/7/2020 Joni mengungkapkan kronologis hingga ia bisa menderita mandi gula ini.

Bermula saat gusi bagian atas rahang kanannya mengalami benjolan kecil berwarna putih yang dirasanya nyeri kemudian dipecahkan nya dengan cara menusuk bagian berwrna putih tersebut dengan  peniti, setelah itu ia berkumur dengan air garam utk menghilangkan rasa nyeri yang dialaminya.
 

Sejak saat itu Joni mengira luka digusinya sudah sembuh dan dirinya melakukan aktivitas seperti biasanya.

Tak disangka oleh Joni dan keluarga bahwa sejak saat itu kanker mandi gula perlahan merayapi dirinya hingga saat wartawan mengunjunginya bengkak dibagian gusi itu yang menyebabkan dirinya terbaring lemah sudah sebesar buah mangga.

Usaha yang sudah dilakukan joni dan keluarga untuk mengobati penyakitnya sampai ke Rumah Sakit Cipto di  jakarta, namun setelah joni dan keluarga mengetahui penyakitnya dan harus di operasi joni dan keluarganya memilih pulang kembali ke kampung halaman karena keterbatasan biaya karena biaya operasi yg tidak murah bagi joni dan keluarga.

Penuturan Awaludin, kakak Joni yang mendampingi jhoni saat dikunjungi wartawan bahwa mereka datang ke RSUD Dr. Hc Soekarno  ( RSUD Prov.Kep. Bangka Belitung ) ini diantar oleh anggota DPRD Bangka Barat bernama Totok.
 

" Kami pernah mengadu dan meminta bantuan seorang anggota dewan di mentok bangka barat, dan oleh beliau kami diantarkan ke RSUD Provinsi Babel ini", ucap kalimudin.

Mewakili pihak keluarga kakak Joni memohon uluran tangan masyarakat agar kiranya dapat membantu adiknya yang butuh dana untuk operasi rahangnya. (Ahmat Aryandi)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999