28 Mei 2020 | Dilihat: 132 Kali
Diduga Gelapkan Dana Bumdes, Massa Aksi Boikot Kantor Desa Baleha
noeh21

Diduga Gelapkan Dana Bumdes, Massa Aksi Boikot Kantor Desa Baleha
 
 
Kepulauan Sula || www.mapikor-news.com — Forum solidaritas mahasiswa bersama pemuda dan masyarakat melaksanakan demonstrasi sekaligus memboikot Kantor Desa Baleha Kecamatan Sulabesi Timur Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) 
 
Ratusan masa yang terdiri dari Mahasiswa, pemuda dan masyarakat menggelar aksi tersebut sebagai bentuk protes terhadap pemerintah desa terkait pengunaan Dana Desa (DD) khususnya Badan usaha milik desa  (Bumdes) yang diduga menjadi misteri (Hilang)..
 
Dalam orasinya Romansah Upara menyampaikan bahwa Aksi hari ini bagian dari keluhan warga terhadap pengunaan anggaran Bumdes yang hinga kini tidak ada kejelasan dari pemerintah desa setempat, ketidak jelasan inilah yang memaksa kami untuk aksi protes dan menutup aktivitas Kantor Desa  Baleha, ungkap Romansah dalam orasinya, Rabu (27/5/20).
 
Romansah juga menjelaskan bahwa sebelumnya, kami sudah lakukan pertemuan bersama pemerintah desa untuk membijaki persoalan ini, pada Kamis  14/5/20. Pekan lalu, tepatnya dibalai pertemuan desa dan ada beberapa poin yang di sepakati bersama masyarakat, namun pemerintah desa lalai dan tidak melanjutkan kesepakatan tersebut.
 
Sementara itu Koordinator Aksi, Irfandi Norau menuturkan aksi ini untuk meminta penjelasan dari kepala desa, karena sejauh ini tidak ada keterbukaan pengunaan angaran Bumdes sebesar kurang lebih Rp 50.000.000,. Anggaran Bumdes yang bersumber dari DD senilai Rp 50.000.000 tersebut sampai saat ini mandek karena pengelolaan tidak jelas, singga kami menduga ada dugaan korupsi Anggaran Bumdes Desa Baleha. 
 
Irfandi pun mengatakan bahwa, Bumdes Baleha berjalan ditempat karena Anggaran Puluhan Juta tersebut di gunakan oleh pemerintah desa untuk melaksanakan lomba desa dan sampai saat ini uang tersebut masih dalam misteri alias berada dalam perjanjian ganti oleh desa namun pihak desa tidak kembalikan. 
 
Kami berharap dengan aksi kali ini dapat membuahkan hasil dan pemerintah desa segera kumpulkan masyarakat untuk menjelaskan terkait pengunaan Dana Bumdes Baleha, Tutupnya.(Sam) 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999