24 April 2020 | Dilihat: 51 Kali
Di Tengah Pandemi covid-19 Realokasi APBNeg 34 Negeri di Malteng Selesai
noeh21

Di Tengah Pandemi covid-19 Realokasi APBNeg 34 Negeri di Malteng Selesai 


Malteng|www.mapikor-news.com.
Sedikitnya 34 Negeri dari 186 Negeri di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dipastikan telah selesai menyusun realokasi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negeri (APBNeg) tahun 2020.

Realokasi APBNeg bertujuan untuk penanganan dan kebijakan ekonomi ditengah pandemi COVID-19 pada tingkat Negeri atau Desa sebagaimana yang telah dibijaki Pemerintah Pusat.

Kepastian realokasi APBNeg 34 Negeri di Malteng itu diketahui saat sejumlah Kepala Pemerintah Negeri di asesmen Bupati Tuasikal Abua, di Baileo Ir. Soekarno, Masohi, Senin 20 April 2020.

Kepada wartawan, Tuasikal Abua menegaskan, sebagai kepala Pemerintahan di Kabupaten, dirinya wajib memberikan asesmen kepada setiap KPN yang telah selesai menyusun APBNeg agar pengunaan anggaran yang bersumber dari Alokasi Dana Desa dan Dana Desa itu, benar-benar untuk menangani Pandemi COVID-19.

Selain penanganan dan pencegahan COVID-19, Abua dalam asesmennya juga memastikan Pemneg mengarahkan APBNeg benar-benar ke padat karya tunai dan bantuan langsung tunai atau biasa disingkat BLT.

“Seluruh KPN yang telah selesai melakukan realokasi APBneg wajib diasesmen. Hal ini penting agar pemerintah Negeri dapat menyiapkan anggaran dari Dana Desa yang harus disiapkan guna menangani Pandemi COVID-19 dan program padat karya tunai dan BLT,”Jelasnya.

Bupati dua Periode itu mengharapkan, seluruh Negeri lainnya dapat secepatnya menyelesaikan penyusunan Realokasi APBneg sebab situasi yang ada saat ini tidak dapat diprediksi selesai dan berakhir.

Menurutnya, hal ini penting sebab banyak yang harus disiapkan di Negeri termasuk lokasi karantina serta semua kebutuhan warga wajib Karantina.

“Jadi banyak yang harus disiapkan. Mulai dari lokasi Karantina di Negeri serta semua kebutuhan mereka yang dikarantina juga harus dipastikan terpenuhi. Belum lagi kebutuhan APB serta bahan Desinfektan untuk mensterilkan Negeri dari virus Corona,” timpal Bupati.

Perang terhadap corona wajib dilakukan oleh semua perangkat Pemerintahan termasuk Pemerintah Negeri. Olehnya,dokumen realokasi APBneg harus dipastikan dapat secepatnya disiapkan.

“Ini tanggung jawab kita semua. Mulai dari pusat hingga ke Negeri atau Desa. kami berharap KPN yang lain bergerak cepat. Situasi yang ada tidak menunggu kesiapan kita. Serangan COVID-19 bisa saja terjadi sewaktu waktu. Kita harus siap dalam keadaan apapun,” tandas Bupati.(tim)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999