30 April 2020 | Dilihat: 146 Kali
Dandim 0413/Bangka Inspeksi Langsung Kegiatan Ujian Trampil Perorangan (UTP)
noeh21

Dandim 0413/Bangka Inspeksi Langsung Kegiatan Ujian Trampil Perorangan (UTP)

Pangkalpinang | www.mapikor-news.com

Dalam rangka melaksanakan program kerja rutin yang sudah di atur oleh Komando,  agar setiap kodim dan program ini dilakukan secara bertahap dan bertingkat hingga sampai menjadi Posko.

Kegiatan ini dilakukan oleh Kodim 0413/Bangka untuk mensukseskan program kerja Komando atas bagi para tamtama dan Bintara  Koramil yang berada di bawah Komando Kodim 0413/Bangka, maka dilakukanlah Uji Trampil Perorangan, Jabatan bagi Anggota Kodim 0413/Bangka yang dilaksanakan di Halaman Markas Komando Kodim 0413/Bangka, Kamis, 30/04-2020.
 

Kepada Pers, Dandim 0413/Bangka Kolonel Inf.Pujud Sudarmanto.S.Sos menjelaskan  pelaksanaan  Ujian Trampil Perorangan (UTP) untuk para pemegang jabatan dan harus dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan ketrampilan sesuai dengan Jabatan masing - masing anggota Kodim 0413/Bangka.

Lanjut Pujud, bagi anggota yang Jabatannya Babinsa, dalam ujian tersebut akan di tanyakan bagaimana caranya seorang Babinsa melakukan peningkatan dalam tugas - tugas dia sebagai babinsa. Selain Babinsa, Jabatan Anggota Bintara Intelijen juga akan dipertanyakan dan dijelaskan dalam ujian itu bagaimana caranya melaksanakan tugasnya sebagai Intelejen, baik Intelejen tertutup maupun terbuka dan masih banyak lagi.

" Peserta Ujian Terampil Perorangan  dan Jabatan ini diikuti baik tamtama maupun perwira seperti Unit Intel, Batuud Koramil dan Staf Kodim sesuai dengan fungsi tugas masing-masing, disini mereka akan diuji apakah mereka menguasai materi sesuai dengan ketrampilan mereka, " Jelas Dandim 0413 Bangka.
 

Harapannya agar Danramil dengan adanya Ujian Trampil Perorangan ini dapat dikuasai dan mahir dibidang masing - masing dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Pujud mencontohkan dalam ujian Trampil Perorangan ini ada cek list dimana ditanyakan masalah kemampuan Babinsa dalam mengumpulkan data masyarakat yang terdiri dari masyarakat sejahtera dan masyarakat Prasejahtera 1 dan 2.

Selain kemampuan mengumpulkan, Babinsa juga harus dapat menguasai data masyarakat sejahtera dan pra sejahtera 1 dan 2.

Untuk diketahui dalam masalah ini Babinsa harus melakukan Kordinasi dengan Instansi terkait, untuk mengetahui data yang valid bagi masyarakat prasejahtera dan sejahtera.
 

Diharapkan juga para Babinsa mampu menguasai data ketahanan pangan contohnya masalah ketahanan pangan, Babinsa harus melakukan kordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan setempat, seperti harga sembako, Babinsa harus berkordinasi dengan Disperindag sehingga dapat diketahui berapa harga sembako.karena untuk saat ini TNI - Polri sudah melakukan kordinasi dengan pihak terkait.

Adapun kegiatan ini berlangsung dalam tiga gelombang dan dilaksanakan dua hari. (Rikky Fermana)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999