13 Juni 2020 | Dilihat: 56 Kali
Bupati Tuasikal Abua SH.Instruksikan Rapid Test Dan Surat Kesehatan Gratis di Malteng.
noeh21

Bupati Tuasikal Abua SH.Instruksikan Rapid Test Dan Surat Kesehatan Gratis di Malteng. 

Masohi | www.mapikor-news.com 

Pemerintah kabupaten Maluku Tengah akhirnya mengambil langkah-langkah kebijakan baru dalam menyikapi makin naiknya angka jumlah pasien positif covid-19 di wilayah Kabupaten Maluku Tengah dalam rapat bersama dengan Forkopimda yang digelar pada Rabu 10/06/2020 di kantor Bupati Maluku Tengah.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua SH, usai memimpin langgsung rapat bersama dengan Forkopimda, menuturkan sejumlah kebijkan baru diambil oleh pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam menyikapi perkembangan terkini saat ini ditengah-tengah pandemi covid-19 yang terjadi di wilayah Maluku Tengah.

Kebijakan yang diambil kata Tuasikal diantaranya mewajibkan bagi siapapun yang akan masuk ke wilayah Maluku Tengah harus memiliki surat izin dan hasil rapid test dari tempat asal perjalanan, selain itu bagi warga Maluku Tengah yang akan melakukan perjalanan keluar Maluku Tengah wajib menjalani rapid test dan mengantongi surat izin dari kepala desa setempat selanjutnya di bawah ke Puskesmas untuk diterbitkan surat perjalanan kesehatan yang hanya diberlakukan 12 jam.
 
Langkah ini diambil guna memastikan setiap orang yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Maluku Tengah bersih dari virus covid-19 terutama mereka yang datang dari kota Ambon yang saat ini masuk dalam daerah zona merah dengan jumlah pasien positif covid-19 terbanyak di Maluku.

Abua, menegaskan selaku Bupati sekaligus Ketua Tim Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Maluku Tengah, memastikan bahwa kebijakan yang diambil oleh pemerintah Kabupaten Maluku Tengah saat ini adalah menggratiskan semau rapid test bagi warga Maluku Tengah termasuk pengurusan surat izin kesehatan saat akan melakukan perjalan keluar.

Jika dilapangan masih di ada aparat ditingkat desa dan Puskesmas yang melakukan penagihan biaya pengurusan surat izin perjalanan dan surat perjalanan sehat, maka warga dapat melaporkannya langsung ke tim gugus tugas covid-19 Maluku Tengah agar oknum yang melakukan penagihan biaya dapat langsung ditindak tegas oleh tim gugus tugas.

Jadi mulai dari hari ini itu tidak ada lagi pungutan-pungutan yang di lakukan Puskesmas maupun Kepala-kepala Desa, itu tidak dibenarkan dan yang ke dua untuk rapid test itu kita lakukan tidak ada pungutan,tegas Tuasikal.

Disinggung soal pemberlakukan new normal , kata Tuasikal masih harus melihat kondisi dan situasi saat ini, di Maluku Tengah, karena pemberlakukan new normal tidak serta merta bisa diterapkan secara langsung namun harus dilakukan secara bertahap dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.(tim)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999