29 Juni 2020 | Dilihat: 496 Kali
BLT PMI Tak Kunjung Cair,Tajul Menunggu SK Bupati Bengkalis
noeh21

BLT PMI Tak Kunjung Cair, Tajul Menunggu SK Bupati Bengkalis
 
 
Bengkalis || www.mapikor-news.com — Sudah hampir dua bulan penantian menunggu mendapatkan Bantuan Langsung Tunai Pekerja Migran Indonesia (BLT PMI) tak kunjung ada kepastian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkalis melalui Badan Penanggulangan Bencana Daetah (BPBD).
 
Pertanyaan kapan dana BLT PMI akan di salurkan terus bergulir di masyarakat penerima BLT PMI tersebut, sampai hari ini belum ada jawaban pasti dari pihak terkait.
 
Terkait hal ini, untuk mencari kebenaran jawabannya, awak media menemui kepala BPBD Kabupaten Bengkalis H. Tajul Mudaris untuk menjelaskan duduk permasalahan ini, apa BLT PMI itu, siap penerima, kereterianya apa dan kapan di bagikan.
 
"kembalinya TKI PMI setelah di lock down dari Malaysia itulah timbul wacana pemerintah daerah PMI. Kereteria cukup jelas, mereka yang datang dari Malaysia mulai dari tanggal 1 Mei hingga 29 Mei 2020, umur minimal 8 tahun WNI dan ber KTP  Kabupaten Bengkalis.
 
Progres sekarang kita sudah meng SK kan, kita sudah punya nama dan mereka sudah membuka rekening Bank Riau ini khusus ODP insya Allah hari ini saya sudah menaikan ke bagian hukum untuk di tanda tangani ke pak Bupati.
 
SK penerima itu jumlahnya sekitar sudah empat ribu lebih seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Bengkalis ini," ungkap H. Tajul Mudaris kepada awak media, Jumat (26/06/2020).
 
Tajul juga mengharapkan kepada masyarakat penerima BLT PMI untuk bersabar dan Pemda Bengkalis akan berupaya sesegera mungkin menyalurkan bantuan tersebut.
 
"Saya mengharapkan kepada masyarakat yang terdaftar, harapan kami agar menunggu proses ini dan memakan waktu karena kita menunggu dari bank apabila cocok dengan KTP," harapnya.
 
Ketua ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Abdul Kadir menanggapi hal ini mengungkapkan "seharusnya Pemda Kabupaten Bengkalis lebih cermat dalam menangani masalah ini, kalau menunggu persetujuan Bupati kapan kaoan akan terealisasi.
 
Kita sama sama ketahui Kabupaten Bengkalis saat ini tidak memiliki Bupati, hanya PLH Bupati dan tak mungkin bisa PLH yang menandatangani perbup ini." Tegasnya.
 
Kemudian Kadir melanjutkan "Pemda Kabupaten Bengkalis dalam hal ini dinilai tidak konsekuen dalam membantu pekerja migran. Jika benar membantu kenapa begitu lama prosesnya dan belum di selesaikan dasar dan aturan pemberian bantuan BLT PMI ini. Jangan memberi angin surga kepada masyarakat, kalau ingin bantu, bantulah sesegera mungkin. Karena mereka telah lama menunggu dan telah banyak.mengeluarkan biaya untuk pembuatan rekening Bank Riau kemaren," tegasnya.(Ferizal) 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999