14 Mei 2020 | Dilihat: 189 Kali
Andy Ketua Dewan Pengawas IMO Minta Pemerintah Tegas dan Adil Tangani Tambang Emas Botudulanga
noeh21

Andy Ketua Dewan Pengawas IMO Minta Pemerintah Tegas dan Adil Tangani Tambang Emas Botudulanga

Jakarta | www.mapikor-news.com

Pendemi Virus Corona terus menyisakan banyak persoalan, terutama dalam penanganannya. Bukan hanya urusan Pemerintah dalam memberikan bantuan sosial bagi yang terdampak, tetapi juga pada sektor pengelolaan sumber daya alam.

Seperti yang terjadi pada sektor pengelolaan tambang emas di Botudulanga. Pengerjaan tambang tersebut dianggapnya mendapat keistimewaan dari pemerintah setempat.

"Tambang Emas Botudulanga, semua harus dikembalikan kepada regulasi dan perundang-undangan yang berlaku, tidak boleh ada tindakan atau kebijakan yang keluar dari garis regulasi tersebut," terang Dewan Pengawas IMO-Indonesia, Tjandra Setiadji.

Pada masa Pandemi, Andy juga meminta agar regulasi tersebut dilihat dari sebelum dan sesudah merebahnya virus Corona atau Covid 19.

"Bagaimana izin operasional sebelum Covid, beres apa tidak lalu bagaimana suasananya setelah ada virus Corona," tambah Praktisi hukum kelahiran Bagan Siapi-Api itu.

Ia pun berharap semua pihak memperhatikan regulasi tersebut, kalau operasional itu legal maka sekarang fokus kepada proses pengoperasiannya pada masa pandemi covid 19 ini.

"Jangan sampai ada praktek ketidak adilan yang dilakulan oleh pihak berwenang," sergah dengan penuh harap.

Tokoh yang kini juga menjabat sebagai Presiden SIRI itu melanjutkan, jangan sampai terjadi penertiban alat berat pada tambang Botudulanga tersebut sebagai akibat dari kebijakan yang tidak merata.

"Tempat lain diperketat sampai diberhentikan operasi atau produksi tetapi tempat lain longgar. Ini dapat memicu konflik horizontal di tengah masyarakat," saran Andy yang juga Dewan Pakar Mapikor. 

Pihak yang menurutnya mungkin terlibat adalah Pemerintah Daerah, Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Dinas terkait termasuk pihak penegak hukum, Kejaksaan dan lain sebagainya.

Menurut laporan teman di lapangan, diakui Andy, laporan Emas Tambang Botudulanga yang bertempat di Desa Hulawa Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato belum ada penertiban oleh pihak terkait, terlebih pada masa pandemi sekarang ini.

"Kalau ini benar maka pihak Bupati harus tegas dan menyelesaikan perkara ini sebelum timbul permasalahan lain, perlu diketahui oleh semua pihak, sekarang sudah saatnya pejabat itu terbuka kepada publik karena sekarang sudah masuk zaman keterbukaan. Seorang Bupati yang merasa aman dengan pemberitaan saja bisa ditelanjangi dengan satu akun media sosial lalu viral dan dapat diketahui oleh seantero negeri," jelasnya.

Oleh karenanya, Andy menegaskan semua hal harus dikembalikan kepada perundang undangan. "Jangan sampai ada aturan yang ditabrak, sehingga harus berhadapan dengan persoalan lainnya," pungkas Andy.

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999