21 Juli 2020 | Dilihat: 177 Kali
Ada Ratusan Peserta Yang Antri Di UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Bangka Belitung
noeh21

Ada Ratusan Peserta  Yang Antri  Di UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI)  Provinsi Bangka Belitung
 
 
Pangkalpinang || www.mapikor-news.com — Setiap hari ratusan peserta yang antri di Uptd Balai latihan kerja industri(BLKI) di Provinsi Bangka Belitung untuk mendaftarkan diri mengikuti pelatihan keterampilan berbasis komputer kompetensi, selasa (21/06/2020).
 
Herrie kepala dinas tenaga kerja Provinsi Bangka Belitung menjelaskan kalau kegiatan kita tahun ini ada empat kali kegiatan dan sekarang sedang pendaftaran untuk kegiatan kedua,untuk kegiatan kedua ini kita lihat peminta pendaftaran sangat antusias karena sampai hari jumat atau hari kedua pendaftaran sudah masuk seribuan pendaftaran,sedangkan yang dibutuhkan 160 orang.
 
Pendaftaran yang dimulai tanggal 14 dan berakhir 24 Juli,sistim pendaftran menggunakan aplikasi karena pendaftarannya langsung diketahui oleh pihak kemanaker, tapi untuk penerimaan ada proses seleksi.
 
Pelatiahan ini mengarah kepada Wira usaha mandiri dan keluarnya dari pelatihan nanti jangan berharap bekerja pangsa pasar, bisa kerja sendiri jangan berharap kerja sama orang lain lagi,"terang herrie.
 
Kepada peserta pelatihan yang terpilih agar bersemangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan kami mau para peserta memperlihatkan minat dan keyakinan yang besar, karena banyak peminat yang daftar sehingga memusingkan kami untuk memilih jadi proses seleksi yang paling utama.
 
Mengenai melonjaknya peserta yang daftar di Blki "kita pernah diskusi dengan teman-teman mengenai melonjaknyak pendaftaran, kemungkinan karena dampak dari civid-19,yang mana banyak perusahan yang memberhentikan karyawannya".
 
Pelatihan yang akan dilaksanakan merupakan kesempatan para peserta untuk up skilling (meningkatkan keahlian), tetapi perlu di ingat bagi yang sudah mendapatkan kartu pra kerja nggak bisa lagi,yang kita fokuskan saat ini yang belum memiliki kartu pra kerja karena pendaftaran ini langsung ke kemanaker, "ungkap herrie.
 
Harapan kami kepada yang selesai mengikuti pelatiha ini nanti,agar mereka bisa berusaha kerja mandiri dan bukan berharap pada pasar kerja tapi kalau ada pasar kerja yang mau menerima nggak masalah dicoba dan selesai pelatihan ini pelajaran yang didapat selama 24 hari pelatihan bisa dikembangkan jangan hanya ikut pelatihan hanya untuk mengisi waktu kosong saja, "tegas herrie.
 
Sementara Kepala Uptd balai latihan kerja industri(BLKI) Oyon Rio ricardo menjelasakan kalau Peserta yang sudah daftar dari hasil rekap kita hari Jum'at tadi sudah lebih seribu orang kalau dihitung dari estimasi kita perhari yang daftar hampir 500 oran dan pendaftran meningkat 400 persen dai tahun tahun sebelumnya,kegiatan kita ini tahun ini yang kedua dan masih ada dua lagi pelatihan.
 
Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan dan masih masih ada tersisa dua kegiatan lagi,pelatihan kali ini ada 10 kejuruan dari setiap kejuruan menerima 16 peserta jadi total keseluruhan yang kita terima 160 orang,untuk pendaftaran sendiri kebanyakan dari masyarakat Bangka karena untuk Belitung sudah memiliki blk kementrian, "tutup Oyon. (Ahmat Aryandi)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan H.Ten No.47
Rawasari Jakarta Timur 13220  Jakarta Pusat
Telp. /Fax: 021 - 99999999