Home / Daerah / Aktifitas Penambangan Di Lokasi Tambang Gunung Botak Sepi

Aktifitas Penambangan Di Lokasi Tambang Gunung Botak Sepi

Print


Namlea-Buru | www.mapikor-news.com —Aktivitas penambangan di lokasi tambang ilegal Gunung Botak sepi. Masyarakat di sekitar lokasi tambang ilegal tersebutpun mengeluh kesusahan ekonomi.

Pantauan media ini dari lokasi tambang ilegal Gunung Botak menyebutkan, tidak ada satupun aktivitas yang berlangsung di areal penambangan emas ilegal Gunung Botak. Yang tampak hanya kegiatan patroli rutin oleh aparat keamanan dan beberapa pengendara ojek dengan kendaraan yang sudah di modifikasi agar bisa menerjang jalur ekstrim menuju puncak Gunung Botak yang sering membantu para aparat keamanan untuk menuju ke pos yang berada di puncak Gunung Botak.

Salah satu masyarakat yang berdomisili di sekiatar lokasi tambang Gunung Botak, Ibu Tami menyebutkan, tidak ada aktivitas penambangan yang diijinkan oleh aparat keamanan. Kata Ibu Tami, memang benar ada penambang yang masuk ke areal tambang Gunung Botak, namun secara sembunyi-sembunyi.

“Iya benar, ada penambang yang masuk ke areal Gunung Botak, tapi secara sembunyi-sembunyi. Kucing-kucingan dari aparat keamanan yang bertugas di sini. Aparat yang ada semua di sini Sangar/ketat. Tidak boleh masuk. Sementara kami hanya mencari sesuap nasi bukan mencari untuk menjadi kaya. Akhirnya, kami harus sembunyi-sembunyi,” keluhnya

Disinggung soal jalan masuk penambang yang terhindar dari pandang mata aparat keamanan, katanya sangat banyak jalan masuk menuju lokasi tambang. Aparat hanya sedikit, areal tambang sangat besar. Penambang akan masuk lewat jalur dimana tidak ada aparat keamanan disitu. Dan saat kehadiran penambang tertangkat mata aparat, penambang pasti secepatnya lari, karena jika dikejar aparat juga belum tentu sampai dengan cepat mengingat jarak dan kondisi jalan yang terjal, jelasnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Buru dan Pemerintah Provinsi Maluku bisa secepatnya membuka lokasi tambang secara resmi agar tidak lagi ada kucing-kucingan dengan aparat keamanan serta tidak ada lagi kesusahan ekonomi seperti sekarang ini, harapnya. (NB)

About Dedi

Check Also

Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti Tindak Pidana Korupsi Mantan Pimpinan Cabang BRI Pangkalpinang

Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti Tindak Pidana Korupsi Mantan Pimpinan Cabang BRI Pangkalpinang PANGKALPINANG, — …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *