Home / Daerah / Warga Kecamatan Karanganom Klaten Antusias Gembira Dengan PJU Desa

Warga Kecamatan Karanganom Klaten Antusias Gembira Dengan PJU Desa

Klaten | www.mapikor-news.com — Hal ini di karenakan yang sebelumnya jalan poros desa gelap sekarang menjadi terang, terlebih pemasangan tersebut berada pada titik jalan antar desa maupun perbatasan desa se- kecamatan Karanganom Klaten. “ Selain menjadi cantik wajah desa juga jalan menjadi terang juga bisa meminimalisir kejahatan juga lakalantas ,” ungkap Sutiman warga desa Tarubasan dengan bangga.

Di tambahkan diawal penggunaan PJU pihaknya kaget dan hampir jatuh dari motor dengan cara kerja lampu saat melintas cahayanya menjadi lebih terang, namun setelah diberi penjelasan oleh pihak kelurahan bahwa cahaya lampu LED menggunakam tenaga surya sell pihaknya memakluminya.

Hal yang senada juga disampaikan Marto Dikromo warga Dukuh Tegal Kragilan desa Brangkal yang mengatakan selain menjadi terang saat malam melintas, juga PJU tidak menggunakan kabel untuk daya juga daya listrik tidak ada biaya yang harus ditanggung warga.

“Berbeda dengan PJU untuk jalan warga pemukiman yang dibiayai dari Dana Desa untuk tiang dan lampu gratis dari kelurahan tetapi biaya daya listrik ditanggung warga ,” ujarnya datar. Menurut Marto yang diketahui semua dari desa dan warga tinggal menikmati hasil pembangunan tersebut juga meminta untuk lebih detail dan jelasnya bisa langsung dengan Pak Lurah.

Sementara itu kepala desa Brangkal Haryanto ketika ditemui di kantornya mengatakan membenarkan bahwa desanya mendapat Bankeu Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp.200 juta untuk pengadaan PJU Jalan Desa.

“Agar informasi yang disampaikan tidak simpang siur dan yang mendapatkan ada 10 desa,informasi untuk rekan media kita jadikan satu pintu kepada Bapak Kepala Desa Jurangjero,” ungkapnya. Di tempat terpisah kades Jurangjero Ali Murtono ketika ditemui di sela acara pelantikan Pj.Kades Tarubasan mengatakan Bankeu Provinsi Jateng ini didapat berdasarkan proposal pengajuan masing masing desa sesuai kebutuhan.

Selanjutnya dijelaskan aspirasi ini disampaikan kepada anggota dewan propinsi fraksi PKB. Jarak pemasangan lampu PJU idealnya adalah 30 meter namun sepenuhnya menjadi kewenangan desa penerima juga sesuai kebutuhan.

Pelaksanaan pekerjaan galian menggunakan tenaga lokal sedangkan pengadaan tiang berikut kelengkapannya menggandeng pihak ketiga. ” Menggunakan tehnology canggih juga dilengkapi dengan sensor pengguna jalan menjadi lebih terang saat kendaraan melintas dan kembali normal setelah berlalu karena menggunakan tenaga surya sehingga menjadi hemat daya juga awet ,”pungkasnya. (Gsw).

About admin

Check Also

Pembangunan Talud P3A Desa Kaliwuluh Kebakkramat Karanganyar Diduga Menyimpang

Karanganyar | mapikor-news.com — Berdasarkan pantauan dilokasi di dukuh Gedangan Kaliwuluh pekerjaan talud sawah pertanian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *