Home » Daerah » Bupati Kabupaten SBB Drs Yasin Payapo Diminta Segera Copot PJ KPN Huku Kecil

Bupati Kabupaten SBB Drs Yasin Payapo Diminta Segera Copot PJ KPN Huku Kecil

352 views

Bupati Kabupaten SBB Drs Yasin Payapo Diminta Segera Copot PJ KPN Huku Kecil

Atas Dugaan Pemerasan

Seram Bagian Barat – www.mapikor-news.com

Program DD dan ADD mulai digulirkan pemerintah Tahun 2015, pada saat itu Desa Huku Kecil dipimpin oleh Pj KPN Rudolof Kapitan, DD dan. ADD sebesar 1 milliar rupiah lebih entah diperuntukan untuk membangun apa oleh Pj KPN Desa Huku Kecil Rudolof Kapitan, bahkan diketahui bahwa Rudolfo menggadaikan motor inventaris Desa di koperasi kilo 4 Kairatu, dan sampai saat ini entah dimana keberadaan motor inventaris desa tersebut.

Pada Juli 2917 pergantian Pj KPN Huku Kecil kepada Dafid Kapitan, program yang dicanangkan Dafid Kapitan, ketika menjabat antara lain :

1. Kerja sama dengan Pj Abio untuk menggusur  jalan dari Husein ( jalan lintas seram) menuju Abio dengan jarak kurang lebih 38 Km .

2. Progran Air bersih, dengan memanfaatkan dua tahun anggaran tahun yaitu anggaran 2016 dan anggaran 2017.

3. Program pembangunan Kantor Desa dua tahun anggaran tahun 2016 dan anggaran  2017.

4.  Program anakan cengkeh, dengan rancangan kerja untuk anggaran 2017.

 Program Kantor Desa, Air Bersih serta sertu jalan dari Huse menuju Abio, merupakan program yang sangat bermanfaat bagi masuarakat Desa Huku Kecil, Sayangnya program PJ KPN Desa Huku Kecil Dafid Kapitan yang sangat mulia itu terputus, karena ternyata bulan Juli 2017, Dafid Kapitan diganti oleh Stepi Halapiri, sebagai Pj. Baru Desa Huku Kecil, Stepi Halapiri tidak melanjutkan pekerjaan pembangunan yang dicanangkan Dafid Kapitan, dengan alasan belum ada pemeriksaan dari Inspektorat, setahun memimpin setelah diperiksa istpektorat, Stepi Halapiri usulkan dana untuk lanjutkan program pekerjaan Air bersih dan Kantor Desa.

Akan tetapi Stepi Halapiri kembali’ diganti oleh Pj KPN Desa Huku Kecil Abe Kapitan, walaupun sudah masuk dalam program lanjutan penyelesaian pekerjaan Air bersih dan lanjutan pembangunan Kantor Desa,Abe Kapitan tidak melanjutkan pembangunan Kantor Desa yang susah 50% dikerjakan, anehnya Pj KPN Huku Kecil Abe Kapitan malah membeli  sebidang tanah dengan harga puluhan juta untuk membangun Kantor Desa yang lain, dan tidak melanjutkan program Air bersih.

Anehnya tahun 2O20 sampai sekarang Pj KPN Huku Kecil kembali diganti oleh Bupati SBB Yasin Payapo dari Abe Kapitan kembali kepada Rudolof Kapitan, yang jelas jelas telah melakukan Tindak Pidana Penggelapan Motor Inventaris Desa, dari rumor yang beredar pada masyarakat Desa Huku Kecil bahwa mengangkat kembali Rudolof Kapitan adalah Dugaan proyek Balas Jasa ketika pilkada dulu, untuk diketahui Bupati SBB Drs. Yasin Payapo bahwa laporan yang diterima media Mapikor Pj. Rudolof Kapitan kembali berulah dengan meminta Fee sebesar Rp.25.000.000.- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) dibayar dimuka sebelum anggaran pembangunan lanjutan kantor desa cair, dari pelaksana yang hendak melanjutkan Pembangunan Kantor Desa.

Seharusnya Rudolof Kapitan sebagai Pj. KPN Desa Huku Kecil sadar bahwa pekerjaan pembangunan kantor desa adalah pekerjaan lanjutan, dan apa yang dilakukan Rudolof Kapitan adalah pelanggaran hokum yang bisa dikategori Pemerasan dan itu adalah tindakan Kriminal Murni,

Oleh sebab hal tersebut diatas Bupati SBB Drs. Yasin Payapo diminta untuk segera memberhentikan Pj. PKN Desa Huku Kecil Rudolof Kapitan, serta meminta pihak Inpektorat untuk turun ke desa tersebut melakukan Audit terkait penggunaan DD dan ADD sejak tahun 2015, agar PJ. KPN yang nakal dalam penggunaan DD dan ADD dijerat sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Selama Pj. KPN Desa yang nakal nakal masih menjabat sebagai kepala desa, maka keinginan Bupati Yasin Payapo untuk memajukan Desa Desa yang ada di Seram Bagian Barat tidak akan pernah terlaksana, apalagi Pj Kepala Desa yang diangkat karena kedekatan karena kepentingan tertentu. (TIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *