Home » Daerah » DIDUGA CURANG, PANITIA PENYELENGARA PEMILIHAN BPD DI DESA TRIKORA DI GUGAT

DIDUGA CURANG, PANITIA PENYELENGARA PEMILIHAN BPD DI DESA TRIKORA DI GUGAT

340 views

DIDUGA CURANG, PANITIA PENYELENGARA PEMILIHAN BPD DI DESA TRIKORA DI GUGAT

Pohuwato | www.mapikor-news.com

Masyarakat Desa Trikora Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato menggugat ketua panitia penyelennggara pemilihan BPD,
Pasalnya pemilihan tersebut di anggap curang dan tidak netral, menurut Felix Mantalib bahwa, pemilihan BPD tidak sesuai atuaran, bahwa yang memenuhi kuato memilih sesuai alamat K T P sedanggkan yang tidak memenuhi kuato tidak berdasarkan K T P, Dusun Selatan Satu memenuhi kuato, akan tetapi ketua panitia melarang empat orang yang wajib pilih untuk memilih sesuai alamat KTP.

Sebelumnya Felix Mantalib memprotes kepada ketua panitia penyelenggara pemilihan bahwa, yang bersangkutan ingin memilih sesuai alamat KTP di dusun selatan satu akan tetapi ditolak oleh ketua panitia. berdasarkan aturan, apabila yang memenuhi kuato memilih sesuai KTP, Ironisnya panitia menggunakan standar ganda aturan yang diberlakukan berbeda, aturan yang di pakai pada pemilih yang lain bisa memilih berdasarkan alamat KTP padahal tinggal diluar desa trikora. tutur tokoh masyarakat tersebut kepada media mapikor .

Pemilih yang lain boleh memilih sesuai KTP meskipun sudah tinggal di luar desa trikora, misalnya, Epen Mantulangi, Yahya Umarigo, Helda Marjun, Aswan Paneo, Rawin Mantulangi, dan Rahmat Mamonto tinggal diselatan dua memilih sesuai KTP di dusun selatan satu.

Kecurangan dan tidak netralnya panitia penyelenggara seperti ini sangat disayangkan oleh masyarakat yang perduli, kararena dapat berakibat buruk, tidak akan lahir wakil masyarakat yang memilikii kesadaran dan kemampuan untuk dapat bersinergi positiv dengan pemerintah desa, motif keberpihakan panitia dapat di duga untuk memenangkan calon tertentu sehingga terbentuk group paduan suara setuju dan tahu sama tahu.

Masyarakat meminta kepada pemerintah daerah untuk turun tangan agar mencari solusi persoalan tersebut dan memperjelas aturan sehingga menjadi dasar acuan yang baku dalam pemilihan BPD .(tajudin ishak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *