Home / Daerah / TANGGAP CEPAT, Dir. PT. BLJ Langsung Beriaksi Arahan Pj. Bupati Bengkalis

TANGGAP CEPAT, Dir. PT. BLJ Langsung Beriaksi Arahan Pj. Bupati Bengkalis

Bengkalis I www.mapikor-news.com
Direktur PT. Bumi Laksamana Jaya Perseroan Daerah (Perseroda) Kabupaten Bengkalis  (Abdul Rahman) dengan cepat menanggapi arahan Pj. Bupati Bengkalis (H.Syahrial Abdi) saat kunjungan ke lokasi budidaya pohon Geeunggang LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) di jalan lintas sungai alam-selatbaru Desa Air Putih 26 November 2020.

Dalam merespon arahan Pj. Bupati tersebut, tepatnya tanggal (29/11/2020) Abdul Rahman langsung turun lapangan  menjumpai pengurus LSM IPMPL (SOLIHIN) di lokasi budidaya gerunggang yang sebelum nya di kunjungi Pj. Bupati untuk mengetahui secara detail potensi sesungguh nya nilai ekonomi yang terdapat dari membudidaya pohon Gerunggang.

Setelah berdiskusi sekian lama dengan sejumlah pengurus LSM IPMPL serta merasa puas akan data, fakta serta informasi
yang ingin diperolehi, Abdul  Rahman menyatakan cukup menyakini bahwa berinvestasi 
Di budidaya pohon gerunggang, yaitu kayu yang disebut-sebut  berperan penting dalam upaya pencegahan Karlahut dilahan gambut, seiring dengan visi misi Gubernur Riau menuju Riau hijau,  saat ini sedang di kembangkan oleh LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) sangat menjanjikan sekali, “ujarnya.

Lebih lanjut, ia akan menyusun langkah untuk bagaimana BUMPD Bengkalis PT. Bumi Laksamana Jaya Perseroan yang ia pimpin bisa berinvestasi membudidaya  gerunggang bekerja sama dengan LSM IPMPL serta organisasi kemasyarakatan lainya termasuk UKM, Koperasi dll untuk bagaimana lahan-lahan gambut yang selama ini tidak termanfaatkan bisa menghasilkan rupiah, sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat, mencegah Kebakaran lahan dan hutan, menuju masyarakat sejahtera serta bagaimana bisa menjadikan kayu Gerunggang bagian dari sumber PAD Bengkalis maupun mewujudkan kayu Gerunggang sebagai tanaman unggulan Riau, “jelasnya.

“Intinya PT. BLJ siap bergandengan tangan dengan organisasi masyarakat, koperasi maupun Kelompok Tani Hutan untuk meningkatkan kesejahteraan dengan pemanfaatan lahan-lahan gambut yang masih kosong atau yang semula tidak produktif diolah menjadi produk sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat” ungkap Direktur BUMPD Bengkalis kepada tim Media ini.

LSM Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan (IPMPL) yaitu boleh dikatakan satu-satunya setakat ini lembaga atau organisasi kemasyarakatan di Indonesia yang telah berhasil berjuang merubah status kayu Gerunggang semula bersetatus kayu hutan murni atau kayu non budidaya menjadi Budidaya, melalui ketua umum (Solihin),  pada kesempatan yang sama  ketika diminta tanggapan nya, ia mengatakan cukup mengapresiasi langkah maupun sikap yang di ambil oleh  Pj. Bupati Bengkalis (H. Syahrial Abdi). 

“Saya baik secara pribadi maupun atas nama organisasi cukup mengapresiasi langkah yang di ambil oleh pak Syahrial Abdi selaku pemimpin Bengkalis, karena beliau cepat tanggap terhadap potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh bumi lancang kuning khususnya kabupaten Bengkalis seperti budidaya kayu gerunggang saat ini kami kembangkan bersama masyarakat. Karena menurut kami Gerunggang ini kedepannya nya nanti sangat kami yakini mampu melahirkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) luar biasa serta bisa jadi menjadi tanaman unggulan Riau. Nah dengan sikap bupati yang beginilah kita inginkan , bukan bupati yang semata-mata memikirkan bagaimana hanya untuk menghabiskan dana APBD semata, sementara tidak melirik potensi-potensi SDA yang bisa digali dan diolah sehingga yang mudarat menjadi manfaat sebesar-besar nya untuk kepentingan daerah maupun Nasional. 

Kalau lah orang seperti pak Syahrial Abdi ini menjadi bupati defenitif di Bengkalis ini, saya yakin tak lama masyarakat Bengkalis akan sejahtera” tutur pimpinan LSM IPMPL yang selama ini di kenal umum jarang berkompromi  dengan beberapa kebijakan Pemkab Bengkalis yang dinilainya hanya menghamburkan uang rakyat dan cukup keras mengkritik kebijakan bupati-bupati Bengkalis sebelumnya.(Romi)

About admin

Check Also

Jembatan Putus Tak Diperbaiki Masyarakat Melintas Kena Pungli

Jembatan Putus Tak Diperbaiki Masyarakat Melintas Kena Pungli PANCURBATU | www.mapikornews.com Pasca jembatan merah tuntungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *